Video: Jembatan Gantung Desa Rantau Kumpai Diterjang Banjir Perlu Segera Perbaikan

Video: Jembatan Gantung Desa Rantau Kumpai Diterjang Banjir Perlu Segera Perbaikan

Jembatan gantung di Desa Rantau Kumpai Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kabupaten OKU yang beberapa waktu lalu diterjang banjir.-Ari Pranika-Tangkapan layar YouTube.com/Redaksi paltv

OKU, PALTV.CO.ID - Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah pada Rabu, 15 Maret 2023, meninjau jembatan gantung di Desa Rantau Kumpai Kecamatan Sosoh Buay Rayap yang beberapa waktu lalu diterjang banjir. jembatan yang menghubungkan antar dusun tersebut terdampak dari luapan sungai setempat.

Dari hasil pantauan di lokasi, Pj Bupati OKU mengungkapkan bahwa saat ini kondisi jembatan tersebut mengalami sejumlah kerusakan sehingga perlu perbaikan segera. Menurutnya dalam waktu cepat, Dinas Pekerjaan Umum akan menarik sling jembatan agar badan jembatan naik sehingga bisa menghindari luapan sungai.

“Pertama tadi kita telah meninjau di Kecamatan Sosoh Buay Rayap tepatnya di Desa Rantau Kumpai, karena ada luapan air dari sungai sehingga air sudah sampai ke jembatan gantung. Sehingga hantaman dari sungai membawa sampah itu mempercepat terjadinya pergeseran dari jembatan gantung itu. Namun alhamdulillah tadi sudah agak surut kembali dan teman-teman PU juga sudah akan melakukan upaya-upaya antara lain akan menarik sling itu supaya jembatan agak tinggi,” jelas Teddy.

Sementara untuk jangka panjang, Pemkab OKU tahun ini akan membangun jembatan permanen. Jembatan tersebut akan mulai dibangun tahun ini.

BACA JUGA:Atasi Banjir dalam Kota, Pemkab OKU Segera Normalisasi Saluran Air

BACA JUGA:Usaha Berbasis Digital Warga Desa Manggar Raya Terkendala Sinyal Internet

“Nah yang kedua mungkin nanti tahun ini juga kami akan membangun jembatan permanen di Desa Rantau Kumpai, sehingga nanti masyarakat tidak perlu lagi melewati jembatan gantung,” kata Teddy. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten OKU Candra Dewana menambahkan, jembatan permanen tersebut akan dibangun dengan konstruksi jembatan beton dengan panjang 40 meter.

“Tahun ini ada pembangunan jembatan permanen itu jembatan beton, tapi baru pembangunan bawahnya di lokasi yang sama di tempat jembatan gantung dengan rentang panjang 40 meter,” ungkap Candra. 

Menurut Candra, tahun ini akan dibangun tiang jembatan terlebih dahulu. Sedangkan untuk badan jembatan akan dibangun awal tahun depan. “Karena anggarannya tidak terlalu besar mungkin baru bangunan bawah, bisa dua kali anggaran,” terang Candra.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv