Sebagian Wilayah di Sumsel Berpotensi Turun Hujan, BMKG SMB II Perkirakan Musim Hujan pada Akhir Oktober

Sebagian Wilayah di Sumsel Berpotensi Turun Hujan, BMKG SMB II Perkirakan Musim Hujan pada Akhir Oktober

BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang memperkirakan awal musim hujan pada akhir Oktober 2023, Selasa (10/10/2023).-Ekky Saputra-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, memperkirakan  cuaca di wilayah Sumatera Selatan cerah hingga berawan, meski dibeberapa daerah berpotensi terjadi turun hujan dengan intensitas rendah hingga sedang.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Shinta Andayani mengatakan, untuk wilayah bagian barat dan utara wilayah Sumatera Selatan berpotensi turun hujan.

Di antaranya daerah Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara), Musi Banyuasin (Muba) bagian utara, Lahat, dan Pagar Alam.

"Secara umum cuaca di Sumsel cerah hingga berawan. Memang ada potensi hujan dengan intensitas rendah hingga sedang di beberapa wilayah, khususnya bagian barat dan utara Sumsel. Seperti Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin bagian utara, Lahat, dan Pagar Alam," kata Shinta Andayani.

BACA JUGA: Kepala BKKBN: TBC Bisa Sebabkan Anak Stunting

BACA JUGA:Rumah Panggung di Desa Kepur Hangus Terbakar Saat Ditinggal Pemiliknya

Sementara di Kota Palembang hingga beberapa hari ke depan potensi terjadi turun hujan masih cukup rendah.

Hal tersebut dipengaruhi oleh dinamika atmosfer yang kurang mendukung terjadinya pertumbuhan awan hujan di wilayah tengah dan timur Sumatera Selatan, khusunya Kota Palembang.

"Di Palembang potensi hujannya rendah untuk beberapa hari ke depan, karena memang faktor dinamika atmosfer kurang mendukung untuk pertumbuhan awan di wilayah tengah dan timur Sumsel," terang Shinta Andayani.

Shinta menambahkan, meski untuk beberapa hari ke depan potensi hujan sangat rendah, namun pada akhir Oktober 2023, mulai memasuki peralihan dari musim kemarau ke musim hujan di sebagian wilayah di Sumatera Selatan, dan akan merata pada bulan November 2023.


Shinta Andayani, Koord Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Selasa (10/10/2023).-Ekky Saputra-PALTV

BACA JUGA:Counter-Strike 2: Era Baru dalam Dunia Game Penembak Kompetitif Dengan Peningkatan Teknis Mengagumkan.

BACA JUGA:Youtuber Ria Ricis Bagikan Hadiah Berupa Uang ‘Saweran’ Kepada Penggemar di Palembang

"Untuk beberapa hari ke depan kita pantau memang potensi hujan rendah, namun setelahnya akan ada potensi hujan, karena memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan di sebagian wilayah Sumsel terjadi pada akhir Oktober, dan akan merata pada bulan November 2023," tutup Shinta Andayani, Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv