Palembang Bird Park Harus Beri Makanan Tambahan Untuk Jaga Kesehatan Hewan Saat Kabut Asap

Palembang Bird Park Harus Beri Makanan Tambahan Untuk Jaga Kesehatan Hewan Saat Kabut Asap

DAMPAK KABUT ASAP - Petugas perawatan iguana memberikan tanaman kangkung yang sudah dicampur jamu tradisional sebagai makanan tambahan di tempat wisata Palembang Bird Park Jakabaring, Banyuasin, Senin (9/10/2023).-Yansyah-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kawasan Kota Palembang dan sekitarnya menyebabkan kabut asap menyelimuti kota Palembang.

Sejumlah sektor terdampak dengan adanya kabut asap yang menyelimuti udara. Selain dampak kesehatan, juga berpengaruh pada keindahan kota bahkan ekonomi termasuk bagi lokasi wisata kota.

Seperti yang dialami pengelola tempat wisata hewan Palembang Bird Park, yang harus memberikan treatment khusus untuk hewan koleksi mereka saat musim kabut asap.

Hewan yang ada di Palembang Bird Park juga ikut terpengaruh dari faktor kesehatan karena kabut asap. Terutama saat kabut asap mulai tebal yang membuat sejumlah jenis burung peliharaan harus dikandangkan terlebih dahulu.

BACA JUGA:Miliki Rumah Impian dengan Mudah: Panduan Pengajuan KPR di Bank BCA Secara Online

Hal ini disampaikan Kia, pengelola Palembang Bird Park Komplek OPI Mall, Jakabaring Kabupaten Banyuasin pada hari Senin, 9 Oktober 2023.

Kia menjelaskan untuk mengurus sejumlah hewan yang ada di Bird Park butuh perhatian khusus, terutama untuk hewan jenis burung dan kucing ras.

Bukan cuma untuk kedua hewan itu saja, hewan yang lain pun harus diberikan perhatian khusus karena mereka berada di kandang terbuka yang terpapar langsung kabut asap.

Setiap jenis hewan akan diberikan makanan tambahan untuk menjaga kesehatan hewan itu sendiri, dengan begitu akan menambah biaya untuk pasokan makanan hewan tersebut.

BACA JUGA:Timnas Futsal Indonesia Berhasil Meraih Kemenangan Luar Biasa Atas Timnas Futsal Makau Dengan Skor 12-0


DAMPAK KABUT ASAP - Pengelola Palembang Bird Park harus memberikan makanan hewan dengan dicampur jenis jamu tradisional sebagai treatment khusus agar hewan koleksi tidak gampang terkena penyakit dampak dari kabut asap, Senin (9/10/2023).-Yansyah-PALTV

“Memang saat kabut asap seperti ini, kami harus memberikan makanan tambahan berupa vitamin dan jamu tradsional, agar hewan yang ada di Bird Park tetap sehat,” ungkapnya.

Bagi hewan yang makan makanan berupa tumbuhan harus diberikan tumbuhan berupa sayuran dengan dicampur rempah dan jamu herbal.

Jamu herbalnya sendiri berupa jahe, kunyit dan beberapa jamu dari tumbuhan sehat. Selain itu juga beberpa hewan seperti kuda, rusa dan burung onta akan diberi tambahan berupa madu dan telur, sebagai penunjang stamina hewan saat berada di tempat terbuka saat kabut asap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv