5 Manfaat Buah Pepaya, Salah Satunya Baik untuk Kesehatan Jantung

Minggu 29-01-2023,20:40 WIB
Reporter : Ahmad Ramli
Editor : Devi Setiawan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Memiliki rasa yang manis dan mempunyai tekstur yang lembut membuat siapa saja yang menikmatinya akan merasakan kesegaran.

Buah yang segar dan berbentuk silindris ini bernama pepaya atau di beberapa daerah menyebutnya kates. Nah, siapa yang suka dengan buah pepaya? Bagi sebagian orang di Indonesia, pepaya merupakan salah satu buah favorit yang biasa disajikan sebagai menu pembilas.

Selain sebagai pembilas sehabis makan besar, buah pepaya ini ternyata berguna bagi kesehatan tubuh. Pada buah pepaya terdapat kandungan vitamin, serat dan mineral-mineral penting lainnya yang sangat kaya. 

Keunggulan lain buah pepaya dari buah segar lainnya adalah salah satunya bermanfaat untuk kesehatan jantung. Nah, untuk lebih jelasnya, mari simak manfaat buah pepaya pada artikel “Kenali 5 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan Tubuh” dimuat laman halodoc.com pada 29 Oktober 2021.

BACA JUGA:Video: Ribuan Karateka Sumsel Bersaing di Ratu Dewa Warrior Cup

BACA JUGA:Video: Limbah Sabut Kelapa Banyuasin Bernilai Produk Ekspor

1. Melancarkan pencernaan

Kandungan enzim seperti caricain, chymopapain, glycyl endopeptidase, dan papain yang terdapat dalam buah pepaya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Pada buah pepaya yang matang, enzim papain berada dalam kadar paling tinggi. Dengan begitu, enzim papain dapat membantu mencerna protein yang masuk dalam perut.

2. Menyehatkan kulit dan rambut

Selain dapat membantu pencernaan, enzim papain yang terkandung di dalam pepaya bermanfaat pula untuk melembutkan dan merevitalisasi kulit. Berkat enzim papain ini, kesehatan kulit tetap terjaga dan terlihat muda. Sedangkan kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam buah pepaya dapat memudarkan noktah hitam dan mengurangi kerutan kulit.

BACA JUGA:Video: Menyongsong Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro, Panitia Siapkan Jembatan Ponton dan Kapal Gratis

BACA JUGA:Sekolahkan 3 Anak dari Hasil Hidroponik

Selain baik untuk kesehatan kulit, kandungan vitamin A dalam pepaya juga berguna untuk kesehatan rambut. Kelembapan rambut dapat terjaga berkat adanya sebum. Dalam memproduksi sebum dibutuhkan pasokan nutrisi dari vitamin A. Selain itu, vitamin A sangat berguna untuk pertumbuhan jaringan kulit dan rambut, juga semua pertumbuhan jaringan tubuh lainnya.

3. Sistim imun makin prima

Kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E pada buah pepaya sangat berpengaruh bagi sistim kekebalan tubuh (imunitas). Oleh sebab itu, pepaya termasuk salah satu buah yang penting untuk dikonsumsi karena dapat menjaga imunitas tubuh. Semakin prima imunitas tubuh maka semakin berkurang pula resiko terkena serangan penyakit.

Kategori :