Video: Menyongsong Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro, Panitia Siapkan Jembatan Ponton dan Kapal Gratis

Video: Menyongsong Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro, Panitia Siapkan Jembatan Ponton dan Kapal Gratis

Kelenteng Seriwijaya Palembang di Pulau Kemaro. Pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh, kelenteng ini ramai dikunjungi umat Tridharma dari berbagai tempat untuk melaksanakan peribadatan.-Devi Setiawan (Cek Dev)-Dokumentasi Devi Setiawan (Cek Dev)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Lima belas hari setelah perayaan Imlek, warga Tionghoa melaksanakan perayaan Cap Go Meh. Tahun ini, Cap Go Meh bertepatan dengan tanggal 5 Februari 2023.

Di Palembang, perayaan Cap Go Meh biasanya berlangsung secara meriah di Pulau Kemaro. Berdasarkan perayaan di tahun-tahun sebelumnya, Pulau Kemaro mulai ramai dikunjungi orang dari berbagai kalangan sejak dua hari sebelum Cap Go Meh, pada tanggal 3 dan 4 Februari 2023.

Pada dua hari tersebut, Umat Tridharma dari berbagai tempat mulai berdatangan ke Pulau Kemaro untuk melakukan peribadatan dan ritual di Kelenteng Seriwijaya Palembang. Selain umat Tridharma, warga Kota Palembang lainnya pun turut memenuhi Pulau Kemaro, untuk turut menyaksikan dan mendokumentasikan kemeriahan perayaan Cap Go Meh.

Menyongsong perayaan Cap Go Meh tahun 2023 atau 2574 dalam kalender Tionghoa, panitia perayaan mulai melakukan berbagai persiapan. Di Pulau Kemaro Palembang, panitia mulai membersihkan dan mempercantik area sekitar Kelenteng Seriwijaya Palembang dan Pagoda.

BACA JUGA:Sekolahkan 3 Anak dari Hasil Hidroponik

BACA JUGA:Raup Cuan dari Budi Daya Tanaman Karnivora


Pulau Kemaro dengan kemegahan Pagoda menjadi salah satu destinasi wisata di Palembang.-Dokumentasi Devi Setiawan (Cek Dev)-Devi Setiawan (Cek Dev)

Selain itu, panitia Cap Go Meh juga akan menyiapkan jembatan ponton bagi warga yang akan menyeberang ke Pulau Kemaro. Panitia juga menyiapkan kapal penyeberangan gratis yang akan membawa pengunjung dari Kelenteng Dewi Kwan Im di 9-10 Ulu dan Kelenteng Serikat di 16 Ilir menuju ke Pulau Kemaro.

Menurut Tjik Harun salah seorang Panitia Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro yang juga Ketua Walubi Sumatera Selatan, persiapan Cap Go Meh hingga kini terus berjalan seperti bersih-bersih dan lain lain. Mengenai stan jualan, Tjik Harun belum tahu secara pasti ada atau tidaknya. Harapannya, perayaan Cap Go Meh tahun ini ramai walau tidak bisa diprediksi. Namun, bedasarkan pengalaman dari tahun ke tahun, menurut Tjik Harun, perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro selalu ramai.

“Sampai nanti hari H bisa kita prediksi bisa sampai ratusan ribu pengunjung,” jelas Tjik Harun*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv