Kolesterol Tinggi Di Usia Muda? Ini Dia Tips Menurunkannya

Jumat 23-06-2023,11:19 WIB
Reporter : Mega Juliyanti
Editor : Hanida Syafrina

5. Tingkatkan konsumsi buah

BACA JUGA:Pulau Grimsey di Islandia, Pulau Yang tak Ada Malam dan Tak Ada Nyamuk

BACA JUGA:Ambisi jadi Ketua BEM di Kampus! Ini Tips Yang Perlu Dilakukan

Misalnya alpukat, tomat, limau, semangka dan apel. Buah ini efektif menurunkan kolesterol karena mengandung banyak lycopene, antioksidan yang mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

6. Lebih aktif dan berolahraga secara teratur 

Nah ini yang biasanya malas dilakukan. Alasan sibuk, banyak pekerjaan, badan tidak kuat dan lainnya. Merupakan kesalahan fatal yang dilakukan orang terus menerus. Padahal olahraga teratur dapat membakar kalori yang tidak berubah menjadi kolesterol.

7. Berhenti merokok 

BACA JUGA:Begini Kata Mantan Ketua DPRD Ogan Ilir Usai 3 Jam Diperiksa Penyidik Kejari Ogan Ilir

BACA JUGA:Harga Naik, Permintaan Hewan Kurban Malah Meningkat

Berhenti merokok dapat meningkatkan kolesterol HDL. Selain berhenti merokok, dalam 20 menit setelah berhenti, tekanan darah dan detak jantung pulih dari lonjakan akibat merokok.

Dalam waktu tiga bulan setelah berhenti merokok, sirkulasi dan fungsi paru-paru mulai membaik. Dan dalam setahun setelah berhenti merokok, risiko penyakit jantung Anda berkurang setengahnya. 

8. Menurunkan berat badan 

Menurunkan berat badan untuk mencapai BMI ideal dapat membantu mengurangi lemak tubuh. Ini terkait dengan peningkatan upaya fisik dan aktivitas fisik sehari-hari.

BACA JUGA:Tips Efektif untuk Mengolah Keuangan Anda di Akhir Bulan

BACA JUGA:Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu! 9 Cara Mengatur Uang Belanja Harian

Kolesterol adalah zat mirip lemak yang ditemukan di setiap sel dalam tubuh. Meskipun kelebihan kolesterol dapat meningkatkan risiko efek kesehatan yang merugikan, tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun dan memproduksi membran sel.

Kategori :