Fakta di Balik Kanker Genetik: Apa yang Perlu Kita Ketahui?

Minggu 06-10-2024,16:24 WIB
Reporter : Tita Umi K
Editor : Muhadi Syukur

PALTV.CO.ID – Akhir – akhir ini sering sekali kita menjumpai banyak sekali kasus dimana orang mengidap penyakit kanker. Tak hanya orang dewasa, kanker juga bisa terjadi pada anak-anak yang masih usia dini.

Namun, tak jarang orang yang mengetahui bahwa sebenarnya kanker merupakan suatu penyakit yang termasuk penyakit keturunan.

Kanker adalah penyakit yang terkait dengan pertumbuhan sel-sel dalam tubuh yang berkembang secara cepat, tidak teratur, dan di luar kendali. 

Sel-sel tubuh yang mengalami mutasi ini tumbuh secara abnormal.

BACA JUGA:Cegah Kanker Kulit, Tips Sederhana Lindungi Kulit Anda

BACA JUGA:Kanker Bisa Dicegah: Yuk, Olahraga dan Makan Sehat!

Penyebab kanker yang diwariskan bisa ditelusuri dari beberapa faktor risiko. Salah satunya adalah mutasi gen, baik secara kumulatif pada berbagai gen (multigen) maupun faktor eksternal. 

Faktor risiko lainnya mencakup gaya hidup yang kurang sehat, paparan radiasi tinggi, serta perubahan hormonal dalam tubuh.

 

Apakah Kanker Bisa Diturunkan?

Beberapa jenis kanker sering disebut sebagai kanker genetik atau penyakit keturunan karena ditemukan pada beberapa anggota keluarga yang memiliki riwayat kanker. 

Namun, tidak semua anggota keluarga dari penderita kanker akan menderita kanker.

Jika seseorang merupakan pembawa (carrier) dari gen yang mengalami mutasi, hal ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker di kemudian hari. 

BACA JUGA:Termasuk Penyakit Mematikan, Kenali Kanker Hati Dengan Jenis, Penyebab, Faktor Risiko, Serta Gejalanya.

BACA JUGA: Menakutkan! Benjolan di Payudara Bisa Jadi Tanda Kanker? Ini Caranya Mendeteksi Sejak Dini

Kategori :