Wuling Investasi Rp7,5 Triliun untuk Produksi Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Senin 23-09-2024,06:25 WIB
Reporter : ryan kusuma
Editor : Hanida Syafrina

PALTV.CO.ID,- Wuling Motors, perusahaan otomotif asal China, telah mengumumkan investasi besar senilai US$500 juta atau sekitar Rp7,5 triliun (dengan kurs Rp15.000 per dolar AS).

Investasi  Wuling Motors ini untuk mendirikan pabrik produksi baterai kendaraan listrik (EV) di Indonesia.

Investasi produksi baterai kendaraan listrik ini merupakan bagian dari komitmen Wuling untuk mendukung perkembangan industri kendaraan listrik di Tanah Air.

Menurut Liu Yan, Marketing Operation Director Wuling Motors, pabrik baterai tersebut diharapkan mulai beroperasi pada akhir tahun 2024.

BACA JUGA:Bermain Kompak, SPH A Melaju ke babak Berikutnya 3x3 Basketball HUT Ke-79 TNI Piala Pangdam II Sriwijaya

BACA JUGA:3x3 Basketball Piala Pangdam II Sriwijaya: SMA Negeri 3 Palembang B Libas SMA Muhammadiyah 1 A

Pembangunan pabrik ini adalah langkah konkret Wuling dalam mengambil peran aktif untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

''Kami berencana memproduksi baterai EV di Indonesia pada akhir 2024," ujar Liu Yan dalam sebuah pernyataan yang disampaikan di Jakarta pada Minggu (22/9/2024).

Pabrik baru ini akan berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, dan dirancang untuk memiliki kapasitas produksi sebesar 20.000 unit baterai per tahun.

Hal ini diharapkan akan membantu memenuhi permintaan yang semakin meningkat akan kendaraan listrik di pasar domestik dan internasional.

BACA JUGA:Piala Pangdam II Sriwijaya Cabang Olahraga Woodball Resmi Ditutup

BACA JUGA: Ungkapkan Cinta Lewat Setiap Potongan Birthday Cake

Baterai yang diproduksi di Indonesia ini akan dikenal dengan nama MAGIC Battery, yang merupakan singkatan dari Multifunction Unitized Structure Technology, Advanced Cell Safety, Greater Performance, Intelligent Management, dan Combustion Free.

Nama MAGIC Battery sendiri mencerminkan berbagai inovasi teknologi yang diterapkan pada produk ini.

Salah satu teknologi yang diunggulkan adalah Multifunction Unitized Structure Technology (MUST), yang diadopsi dari desain sayap pesawat.

Kategori :