Inilah Kronologi Perseteruan Israel dan ICC dari 2015 Hingga Saat Ini

Sabtu 01-06-2024,07:35 WIB
Reporter : johanes
Editor : Hanida Syafrina

2020: Tekanan Amerika Serikat

Pada Juni 2020, pejabat senior AS mengancam akan menjatuhkan sanksi kepada pejabat ICC, menuduh adanya "korupsi keuangan dan penyimpangan di tingkat tertinggi kantor kejaksaan".

021: Perkembangan Signifikan

Pada Februari 2021, Bensouda mengundurkan diri sebagai jaksa penuntut ICC dan digantikan oleh Karim Khan. Pada 3 Maret 2021, Bensouda mengonfirmasi bahwa ICC telah memulai penyelidikan terhadap "situasi di Palestina". Pada 2 April 2021, pemerintahan Presiden AS Joe Biden mencabut sanksi terhadap Bensouda yang diberlakukan oleh pendahulunya, Donald Trump. Namun, AS tetap "sangat tidak setuju dengan tindakan ICC" terkait Palestina.

BACA JUGA:Rolls Royce Ghost Mengikuti Jejak Phantom Dengan Facelift Tersembunyi

Pada 8 April 2021, Netanyahu menegaskan bahwa Israel tidak mengakui otoritas ICC untuk menyelidiki kemungkinan kejahatan perang di Palestina.

2024: Puncak Konflik

Pada 30 April 2024, Netanyahu menyerukan kepada "para pemimpin dunia bebas" untuk menentang kemungkinan surat perintah penangkapan oleh ICC terhadap pejabat Israel, sebelum permohonan surat perintah diajukan.

Pada 20 Mei 2024, penyelidikan yang diluncurkan pada 2021 diakhiri dengan permintaan surat perintah penangkapan oleh Khan terhadap Netanyahu, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant, dan tiga pemimpin Hamas: Yahya Sinwar, Mohammed Diab Ibrahim al-Masri, dan Ismail Haniyeh.

BACA JUGA:Resep Char Siu yang Praktis dengan Air Fryer untuk Hidangan Lezat dan Sehat

Khan menegaskan bahwa semua upaya untuk menghalangi, mengintimidasi, atau mempengaruhi pejabat pengadilan harus segera dihentikan.

Pada 21 Mei 2024, Netanyahu menyebut permintaan surat perintah penangkapan tersebut sebagai "upaya memalukan" untuk mencampuri perang Israel di Gaza.

Pada 29 Mei 2024, Netanyahu mengungkapkan kekecewaannya atas penolakan Biden untuk mendukung sanksi terhadap ICC dalam sebuah wawancara yang akan disiarkan pada 1 Juni.

Perseteruan antara Israel dan ICC telah berlangsung lebih dari satu dekade dengan berbagai upaya dari kedua belah pihak untuk mempengaruhi dan menghalangi proses hukum.

BACA JUGA:Menuju Tingkat Ketinggian dalam Hobi Audio Mobil dengan Focal K2M untuk Hyundai Ioniq 5

Israel, yang bukan penandatangan Statuta Roma, terus menentang yurisdiksi ICC atas wilayah Palestina, sementara ICC berusaha menjalankan mandatnya untuk menyelidiki dugaan kejahatan perang.

Kategori :