Tinjauan Sejarah, Jejak Olahraga Tertua di Dunia dari Gulat Hingga Lari

Sabtu 11-05-2024,11:43 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto

3. Panahan

Panahan adalah olahraga kuno yang kaya akan sejarah. Panahan pertama kali ditemukan pada akhir Paleolitikum Atas, sekitar 20.000 SM. Ini adalah olahraga berburu dan bertarung di banyak kebudayaan kuno, termasuk Mesir, Persia, dan Tiongkok.

Selain itu, panahan pertama kali muncul di Olimpiade 1900, dan , yang masih ada di Olimpiade. Hal ini menunjukkan bahwa olahraga panahan tetap populer selama ribuan tahun.

4. Renang

Salah satu disiplin ilmu yang dianggap sebagai olahraga tertua di dunia, renang telah dilakukan oleh manusia selama ribuan tahun. Bukti yang mendukung klaim ini telah ditemukan di Gua Renang di gurun Libya.

Meski memiliki sejarah ribuan tahun, renang kompetitif pertama kali muncul di Inggris pada abad ke-19 dan menjadi olahraga putra pertama di Olimpiade pada tahun 1896. Olahraga yang diselenggarakan oleh British National Swimming Association ini menjadi sangat populer.

5. Tinju

Tinju berasal dari Mesopotamia kuno, digambarkan dalam ikon Sumeria dari milenium ketiga atau kedua SM. Relief kuno ini memperlihatkan dua orang pria yang tampak sedang berkelahi, tanpa pelindung lengan.

Keduanya saling berhadapan dengan tangan terlipat dan berpegangan tangan. Saat itu, bangsa Minoa merupakan penduduk pertama di dunia yang menggunakan sarung tinju. Pada ajang Olimpiade, olahraga tinju mulai muncul pada tahun 688 SM di mana parapetinju membungkus lengannya dengan kain. Tinju modern berkembang di Inggris, khususnya antara abad ke-16 dan ke-18.

6. Tsu Chu atau Cuju

Tsu Chu atau Cuju adalah permainan sepak bola Tiongkok kuno yang berasal sekitar tahun 2500 SM. dan yang diakui FIFA sebagai salah satu bentuk sepak bola. Faktanya, sepak bola modern diperkirakan berasal dari “sepak bola mob”, yang tidak ada hubungannya dengan Qiju.

Olahraga Chichu populer pada masa Dinasti Han, namun mulai menurun pada masa Dinasti Ming. Permainan ini juga dikenal di luar China, antara lain Korea, Jepang, dan Vietnam. Di Jepang, permainan ini disebut "Kemari" dan ada di Kyoto dan banyak kuil lain di Jepang.

7. Senam

Olahraga Terakhir dalam daftar olahraga tertua di dunia adalah olahraga yang dikembangkan oleh orang Yunani kuno sekitar tahun 500 SM. Selama periode Helenistik di Yunani, olahraga menjadi populer di kalangan masyarakat umum dan menjadi bagian dari Olimpiade.

Tentara Romawi yang menginvasi Yunani mengadopsi olahraga ini untuk pelatihan militer. Namun permainan ini dilarang pada tahun 393 Masehi. dan menghilang Namun, pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, dua dokter Jerman, Johann Friedrich GutsMuths dan Friedrich Ludwig Jahn, berperan penting dalam menghidupkan kembali minat terhadap seni olahraga.

Mereka menciptakan olahraga khusus untuk anak-anak dan remaja, serta apa yang kita kenal sekarang sebagai olahraga modern. Olahraga tertua di dunia adalah olahraga yang dimainkan jauh sebelum Masehi. Meski olahraga pada masa itu merupakan salah satu bentuk perjuangan, namun juga turut menjaga kesehatan tubuh.(*)

Kategori :