Pesona Gunung Sibuatan, Atap Negeri dari Sumatera Utara

Pesona Gunung Sibuatan, Atap Negeri dari Sumatera Utara

Puncak Gunung Sibuatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.-Hadi Pramono-instagram.com/@hadipramono82

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tidak semua jalanan dilapisi oleh aspal yang mulus dan tidak semua jalan memiliki trek perjalanan yang lurus. Terkadang kita harus sedikit berputar untuk sampai ke suatu tujuan, sedikit tersesat sebelum akhirnya berhasil mencapai puncak yang diharapkan. Ada kalanya kita mesti sejenak bersantai untuk menikmati waktu dan menghargai sebuah kenangan. Rasanya terbiasa bercengkrama dengan keindahan alam yang dimiliki Indonesia menjadikan hidup dipenuhi dengan warna-warna yang belum ditemukan sebelumnya.

Berbicara mengenai keindahan alam yang ada di Provinsi Sumatera Utara, kalian jangan sekali-kali meragukan pesona alam yang sangat memanjakan mata. Ada banyak panorama alam dengan keindahan dengan karakteristik berbeda-beda, seperti Gunung Sinabung, Gunung Sibuatan, dan objek wisata yang terkenal menjadi awal mula terbentuknya suku Batak yaitu Gunung Pusuk Buhit.

Gunung Pusuk Buhit letaknya berada di kisaran Danau Toba. Pusuk Buhit merupakan salah satu gunung yang letaknya berada di barat Danau Toba. Dalam kepercayaan suku Batak, puncak Pusuk Buhit yang memiliki ketinggian mencapai 1.972 mdpl menjadi awal terbentuknya suku Batak tersebut. Selain Gunung Pusuk Buhit, terdapat juga pesona Tongging yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Keindahan yang kita nikmati di sekitaran Tongging ini merupakan salah satu surga yang ada di daerah Sumatera Utara.

Uniknya, para wisatawan biasanya mengunjungi Sumatera Utara ini tujuannya hanyalah untuk berwisata ke Danau Toba, karena Danau Toba sangatlah terkenal di Indonesia sebagai danau terluas yang terletak di Sumatera Utara. Padahal di Sumatera Utara juga terdapat Gunung Sibuatan yang memiliki pesona tak kalah indah dari pesona yang dimiliki oleh Danau Toba ini. Sayangnya, belum banyak yang mengenal Gunung Sibuatan ini. Tidak semua orang bisa dan mau mendaki Gunung Sibuatan ini.

BACA JUGA:Buket Lolipop Coklat, Hadiah Unik di Momen Valentine

BACA JUGA:Keindahan dan Legenda Pusuk Buhit

Gunung Sibuatan berada di Kabupaten Karo, di wilayah yang sama dengan Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak. Gunung Sibuatan merupakan keindahan alam yang menjadi atap negeri bagi masyarakat Sumatera Utara. Menurut Wikipedia, Gunung Sibuatan ditulis menggunakan huruf ‘E’ Sibuaten. Tetapi bagi masyarakat yang ada di daerah sekitarnya, gunung ini ditulis menggunakan huruf A yaitu Sibuatan.

Sibuatan merupakan salah satu dari tiga puncak tertinggi yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Pada dasarnya, tidak hanya Gunung Sibuatan yang memiliki puncak tertinggi di Sumatera Utara ini, terdapat juga gunung dengan puncak tinggi yang cukup legendaris yaitu Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak yang menjadi profil atap negeri di wilayah Sumatera Utara.

Jika kalian ingin berwisata ke puncak Gunung Sibuatan ini, kalian akan melakukan perjalanan yang cukup panjang dan menyenangkan. Sebelum sampai ke Gunung Sibuatan, roda kendaraan akan berputar di jalanan dengan pemandangan yang menakjubkan, tebing di sisi yang satu dan Danau Toba disisi yang lain. Ketika sore hari, kalian akan pergi dari segala kecantikan serta masuk ke dalam hutan yang berkabut. Ada misteri di balik hutan yang dipenuhi dengan kabut tersebut. Konon katanya, jika malam hari masyarakat sering mendengar suara-suara aneh karena dulunya hutan tersebut dijadikan tempat pembuangan mayat. Setiap mayat yang dibuang ke hutan tersebut akan sulit ditemukan.

Kondisi hutan yang terdapat di sekitaran Gunung Sibuatan ini masih sangat lebat dan juga padat, sehingga para pendaki akan cukup tertantang Ketika ingin memulai pendakian. Selain itu, lumpur yang sangat tebal masih memenuhi kawasan trek itulah sebabnya para pendaki dihimbau memakai sepatu bot saat memulai perjalanan. Konon katanya, lumpur yang terdapat pada trek pendakian ini mencapai lutut terutama saat curah hujan tinggi. Selain lumpur, akar-akar tinggi dari pepohonan juga sering ditemukan.

BACA JUGA:Misteri Danau Merah Rimba Candi

BACA JUGA:Fakta Mengejutkan Tentang Tubuh Manusia Yang Belum Anda Ketahui

Kelelahan yang kalian rasakan saat memulai pendakian akan langsung terbayarkan ketika sampai puncak Gunung Sibuatan ini. Puncak Pilar merupakan puncak utama dari Gunung Sibuatan ini.  Pesona alam yang sangat indah ditambah dengan panorama yang begitu ciamik, menjadikan puncak ini memiliki keindahan ajaib yang susah untuk dijelaskan. Kalian akan mendapatkan panorama keindahan dari Pulau Samosir, Danau Toba, Gunung Sibayak, Kota Brastagi, Pantai Barat Sumatera, Gunung Sinabung, Taman Nasional Gunung Leuser, Gunung Barus hingga Kota Kabanjahe.

Selain keindahannya, banyak hal menarik yang dapat kalian temukan ketika mendaki puncak Gunung Sibuatan ini. Menariknya, di Gunung Sibuatan ini masih sering ditemukan flora langka yang jarang kita temukan di tempat lain di Indonesia. Flora langka tersebut antara lain anggrek, jamur, kantong semar, dan juga lumut. Uniknya, lumut di daerah ini adalah daya tarik yang paling utama, lho!* (Nabilla Imandha, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber