Misteri Danau Merah Rimba Candi

Misteri Danau Merah Rimba Candi

Tangkapan layar citra satelit Google Maps Danau Merah 2.-google.com-google.com/maps/place/Danau+Merah/

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kota Pagar Alam yang mempunyai keindahan serta suasana alam yang begitu sejuk, membuat banyak wisatawan-wisatawan dari berbagai daerah ramai berdatangan untuk menikmati keindahannya. Keindahan alam yang terdapat di daerah Besemah ini sering disebut sebagai surganya alam yang berada di kawasan Provinsi Sumatera Selatan.

Pagar Alam tidak hanya terkenal akan pesona alam yang memukau sehingga kota ini memiliki daya tarik cukup kuat bagi para wisatawan, tetapi juga terdapat banyak peninggalan sejarah yang sampai sekarang kearifannya masih sangat dijaga oleh masyarakat daerah sana. Ada banyak peninggalan pada zaman purbakala yang dijadikan sebagai monumen bersejarah di kota ini, seperti batu megalitikum, arca, menhir, dan dolmen. Selain itu terdapat pula cerita legenda yang sudah ada dari zaman dahulu kala. Perlu diketahui, di Kota Pagar Alam ini juga terdapat sebuah danau yang masih menyimpan misteri, yakni danau Merah yang terletak di wilayah Rimba Candi.

Dari hasil penelusuran Google Map, ditemukan dua Danau Merah yang letaknya relatif agak berjauhan. Pertama ditandai dengan nama Danau Merah, sedangkan yang kedua ditandai dengan nama Danau Merah 2. Dari citra visual satelit tampak perbedaan warna air dari kedua danau itu. Pada Danau Merah, visual air tampak tidak berwarna merah. Sedangkan pada Danau Merah 2, visual warna air mengarah ke warna kemerahan.

Rimba Candi diyakini oleh masyarakat Pagar Alam sebagai candi pertama yang ada di Sumatera. Dengan ditemukannya sisa-sisa bangunan mirip candi di kawasan ini menguatkan dugaan bahwa bangunan ini merupakan sebuah candi.

BACA JUGA:Fakta Mengejutkan Tentang Tubuh Manusia Yang Belum Anda Ketahui

BACA JUGA:Ini Perbandingan Motor Kawasaki H2R Versus Kawasaki H2


Tangkapan layar Google Maps yang menandai dua Danau Merah di kawasan Rimba Candi, Sumatera Selatan.-Google.com-google.com/maps/place/Danau+Merah/

Masyarakat yang sedang melakukan perjalanan ke hutan dikejutkan dengan melihat sebuah Danau Merah Rimba Candi yang cukup luas. Danau ini luasnya mencapai enam hektar yang letaknya berada di Kawasan hutan Raje Mandare. Danau ini pertama kali ditemukan oleh beberapa warga lokal yang sedang melakukan ekspedisi pada tahun 2010.

Danau Merah Rimba Candi terletak di perbatasan Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan dengan Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Danau merah ini sebelumnya tidak pernah dikunjungi oleh siapapun. Hal tersebut dibuktikan dari kondisi alam di sekitar danau serta hewan-hewan yang berada di sekitar sana.

Uniknya, di pepohonan besar yang ada di sekitaran danau masih seringkali kita jumpai beberapa spesies burung, kera, kijang, bahkan rusa yang masih berkeliaran di dalam hutan. Dengan ditemukannya beberapa spesies di dalam hutan yang jarang kita temui di luaran, menandakan bahwasanya Danau Merah ini keasrian dan kealamiannya masih terjaga serta sangat jarang didatangi oleh wisatawan.

Akses yang dapat kita lalui untuk mengunjungi Danau Merah terbilang masih sangat sulit karena tidak akan ada kendaraan yang bisa mencapai lokasi danau ini. Memerlukan perlengkapan yang ekstra serta kondisi fisik yang sangat baik sebelum memulai petualangan menjelajahi Danau Merah ini.

BACA JUGA:Resep Bubur Pink Masha And The Bear yang Bisa Dimakan

BACA JUGA:Mobil Dinas Pemkab Muba Tabrak Bocah Hingga Tewas

Danau Merah hanya dapat kita tempuh dengan berjalan kaki serta membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ke tujuan. Perjalanan memerlukan waktu setidaknya satu atau dua hari, tergantung cuaca serta kondisi fisik saat kita menjelajahinya. Selama perjalanan, kalian akan melewati perbukitan dan hutan. Di  sepanjang perjalanan kalian dapat melihat beberapa sisa-sisa bangunan yang diyakini oleh masyarakat di sana sebagai candi dan gerbang untuk masuk ke sebuah kerajaan tua, yang konon katanya Kerajaan Sriwijaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber