Optimalisasi Pencegahan Karhutla, Pemkab Muara Enim Siapkan Personil dan Peralatan

Optimalisasi Pencegahan Karhutla, Pemkab Muara Enim Siapkan Personil dan Peralatan

APEL KARHUTLA - Plt Bupati Muara Enim Usmarwi Kaffah mengecek peralatan dan kesiapan personil gabungan BPBD dan TNI Polri dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan saat apel kesiapan karhutla.-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Guna persiapan menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Pemerintah Kabupaten MUARA ENIM melakukan Apel Kesiapan Tanggap bencana karhutla di halaman Kantor Bupati MUARA ENIM hari ini, Jumat 27 Januari 2023.

Dalam apel siaga karhutla ini dihadiri langsung Plt Bupati Muara Enim Usmarwi Kaffah bersama unsur Forkopimda. Apel berupa gelar pasukan dan peralatan penanggulangan Karhutla.

Plt Bupati Usmarwi Kaffah mengecek langsung kesiapan para personil satuan tugas pencegahan Karhutla dari tim Gabungan Pemkab Muara Enim dan TNI Polri. Sejumlah kendaraan, alat dan perlengkapan, serta personil disiagakan.

Apel tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan alat bantu yang digunakan dalam menghadapi musim kemarau yang akan menyebabkan kekeringan dan berpotensi kebakaran hutan dan lahan di beberapa titik di kawasan Kabupaten Muara Enim. Personil gabungan yang terdiri dari BPBD, Damkar, Sat Pol PP, dan TNI Polri akan menempati posko-posko karhutla yang rawan terjadi titik api.

BACA JUGA:5 dari 9 Terdakwa Kasus Pembunuhan Reli Dituntut Paling Berat 15 Tahun Penjara

BACA JUGA:Duar! Agen Gas LPG di Duren Sawit Meledak


APEL KARHUTLA - Plt Bupati Muara Enim Usmarwi Kaffah mengecek peralatan dan kesiapan personil gabungan BPBD dan TNI Polri dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan saat apel kesiapan karhutla.-Yansyah-PALTV

Menurut Kaffah apel ini bertujuan untuk mempersiapkan personil beserta peralatan yang digunakan petugas dalam menjalankan pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan. Dengan siapnya personil yang ada dan peralatan yang sudah memadai, bisa mengoptimalkan kerja petugas di lapangan.

Dengan apel ini juga bisa melihat apa yang menjadi kekurangan baik dari segi peralatan, kendaraan bahkan kesiapan personil. Dengan begitu, pihak Pemkab Muara Enim bisa berupaya melengkapi kekurangan yang dibutuhkan petugas yang bekerja di lapangan.

Kaffah menambahkan dengan digelarnya peralatan dan kendaraan yang ada, itu membuktikan akan kesiapan. Jika sudah siap akan mengoptimalkan kerja petugas. Jika kesiapan sudah optimal petugas bisa dengan mudah mencegah terjadinya kebakaran lahan.

"Di sini kita persiapkan peralatan dan personil yang sudah ada, dengan begitu kita sudah siap mencegah datangnya bencana karhutla. Jika pun itu terjadi, dengan mudah petugas meminimalisir kemungkinan terburuk dari adanya titik api yang membakar lahan dan hutan," ujar Kaffah.

BACA JUGA:Video: Mirip Kelapa Muda, Buah Lontar Diburu Warga Palembang

BACA JUGA:Youth Sport Even Palembang Diluncurkan, Ada Piala Dunia U20

Nantinya, setiap satuan regu petugas akan disiagakan pada sejumlah titik daerah yang dinilai rawan akan titik api. Mereka ditempatkan di posko-posko yang sudah ditentukan. Selain itu, untuk mendeteksi titik api dan pusat laporan akan dibuat posko induk untuk menaungi setiap posko-posko yang sudah ada di dekat kawasan rawan kebakaran lahan dan hutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv