Gigi Berlubang? Cegah dan Rawat dengan Cara Ini

Gigi Berlubang? Cegah dan Rawat dengan Cara Ini

Ilustrasi perawatan gigi dengan rutin menyikat gigi.-jennyfriedrichs-pixabay.com/jennyfriedrichs

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Apakah Anda pernah mengalami sakit gigi karena berlubang? Hm, tentunya hal ini sangatlah menyakitkan bahkan mengganggu aktivitas Anda.

Kasus gigi berlubang lebih umum terjadi pada anak-anak. Namun, perubahan gigi yang terjadi akibat penuaan pada orang dewasa juga bisa membuat gigi berlubang.

Gigi berlubang atau karies adalah kondisi rusaknya email alias lapisan terluar gigi yang bersifat keras. Sakit gigi tak mengenal usia. Bisa saja terjadi pada anak-anak, remaja hingga sampai ke orang yang sudah dewasa pun mengalami Sakit gigi.

Sakit gigi disebabkan oleh gangguan pada rongga mulut dan menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Bukan hanya sakit yang dirasakan, ada resiko yang didapatkan oleh si penderita.

BACA JUGA:Sadis! Dituduh Menculik Anak, Wanita di Sorong Dibakar Hidup-hidup

Biasanya, sakit gigi itu terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Gigi berlubang terjadi ketika lapisan bakteri yang menempel pada gigi yang disebut dengan plak terus menumpuk. Bakteri dalam plak akan menghasilkan asam yang menyerang email gigi.

Apabila Anda tidak menjaga kebersihan gigi dari waktu ke waktu, plak yang menumpuk pada gigi akan membuat zat asam ini terus bersentuhan dengan gigi. Sehingga membuat lapisan email gigi tersebut akan pecah lalu menghasilkan lubang pada gigi.

Seperti yang disampaikan di atas, sakit gigi disebabkan oleh beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Misalnya kurangnya asupan nutrisi mineral pada pola makan, seperti kekurangan kalsium, magnesium, dan fosfor. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman mengandung gula yang bisa meningkatkan pertumbuhan plak gigi. Kemudian kurangnya asupan vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E, dan K. Ditambah lagi dengan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan asam fitat yang mengganggu penyerapan zat besi dan zinc.

Kalau beberapa faktor resiko tersebut tidak segera dicegah, maka gigi Anda akan mengalami kerusakan parah. Disarankan ada baiknya Anda melakukan perawatan gigi berlubang agar tidak semakin parah.

BACA JUGA:Padang Savana Pinang Banjar, Pesona Keindahan Alam di Ujung Muara Enim

Beberapa cara merawat gigi berlubang berikut ini juga bisa Anda lakukan untuk mencegah dan menjaga kebersihan gigi untuk menghindari gangguan pada rongga mulut.

Melansir dari artikel berjudul "5 Langkah Perawatan Gigi Berlubang agar Kondisinya Tidak Semakin Parah" dimuat laman hellosehat.com, langkah berikut ini dapat Anda jalani.

1. Memperbanyak konsumsi vitamin D

Salah satu manfaat vitamin D yang penting adalah membangun gigi dan tulang yang kuat, sehingga hal ini bisa membantu Anda dalam mengatasi gigi berlubang. Vitamin D akan mengatur penyerapan kalsium dalam tubuh sebagai nutrisi utama penyusun tulang dan gigi. Saat tubuh kekurangan vitamin D, tubuh Anda tidak akan mampu menyerap kalsium dari makanan secara memadai. Apabila hal ini terus terjadi, maka mungkin Anda akan mengidap penyakit gusi dan gigi melemah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hellosehat.com