Cara Membuat Kue Gandus Khas Palembang, Pahami Resepnya

Cara Membuat Kue Gandus Khas Palembang, Pahami Resepnya

Kue Gandus khas Palembang.-cerincake.plg-instagram.com/@cerincake.plg

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kue Gandus merupakan jajanan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu. Kue yang memiliki tekstur lembut dan berwarna putih ini, menjadi simbol dari kebersihan hati dalam menjunjung tinggi norma agama (Islam) dan adat istiadat.

Kue Gandus yang dibuat dari bahan dasar tepung beras ini, memiliki cita rasa yang berbeda dari kue tepung beras lainnya. Bila kue yang lainnya seperti Kue Lumpang memiliki rasa manis, maka Kue Gandus ini memiliki rasa sedikit asin dan gurih.

Kue Gandus ini dahulunya sering disajikan dalam sebuah acara adat maupun keagamaan yang bersifat ritual. Belum diketahui pasti awal mula keberadaan Kue Gandus ini. Namun berdasarkan informasi yang beredar di kalangan masyarakat Palembang, konon katanya Kue Gandus ini diperkirakan telah berusia lebih dari lima ratus tahun.

Kue Gandus ini juga cocok dijadikan cemilan, misalnya untuk pembuka menu berbuka puasa. Tidak sulit untuk mencari keberadaan Kue Gandus ini. Pasalnya Kue Gandus ini sampai sekarang masih dijual dan digemari berbagai lapisan golongan masyarakat.

BACA JUGA:Vihara Dharmakirti Palembang Berharap Kebaikan di Tahun 2023

BACA JUGA:Kesibukan Menjelang Imlek di Klenteng Dewi Kwan Im Palembang, Jemaah Luar Negeri Berdatangan

Harganya pun relatif cukup murah, berada di kisaran seribu hingga tiga ribu Rupiah, tergantung lokasi di mana Anda membelinya.

Lalu, bagaimana cara membuat Kue Gandus dan apa saja bahan dasarnya? Mengutip resep yang dimuat laman palmia.co.id, bahan dan cara membuat Kue Gandus sebagai berikut:

Bahan

150 gram tepung beras.

1 1/2 sdm tepung tapioka.

1/2 sdt garam halus.

75 m santan instan.

300 ml air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palmia.co.id