Hari AIDS Sedunia, Masih Ada 62 Orang Palembang Positif AIDS

Hari AIDS Sedunia, Masih Ada 62 Orang Palembang Positif AIDS

Yudhi Setiawan, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes kota Palembang-Redaksi PALTV-PALTV.CO.ID

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tanggal 1 Desember setiap tahunnya diperingati sebagai hari AIDS sedunia.

Berdasarkan data dinas kesehatan kota Palembang, jumlah kasus orang yang positif terinfeksi HIV atau Human Immunodeficiency Virus di kota pempek saat ini cukup meningkat yakni mencapai 181 sedangkan yang positif AIDS sebanyak 62 orang  terhitung dari Januari hingga Juli 2022.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes kota Palembang Yudhi Setiawan menjelaskan ratusan penyintas HIV itu rata-rata adalah pria maupun wanita pada usia produktif 20 hingga 24 tahun dan 25 hingga 49 tahun. 

BACA JUGA:Pengawasan Zat Makanan Berbahaya Ditingkatkan

Adapun faktor penyumbang terbesar dari penularan HIV itu sendiri yang terjadi di Palembang yakni akibat dari penyimpangan perilaku seksual yang dilakukan oleh lelaki seks lelaki atau (LSL) maupun keduanya atau (biseksual).

Tidak main-main dari total 181 kasus hiv dan 62 AIDS saat ini 116 orang di antaranya akibat dari aktivitas penyimpangan seksual tersebut.

Selebihnya HIV yang timbul dari seseorang dilatar belakangi dari perilaku seks bebas, pasangan risiko tinggi, pasien TB, dan pasien infeksi menular seksual atau (IMS).

BACA JUGA:Belum Tuntas, Kantor Pos Tetap Salurkan BSU Sampai Ada Perintah Pusat

“Meluasnya kasus HIV sendiri biasa terjadi karena gaya hidup yang salah sehingga perlu dilakukan pencegahan khususnya dari masyarakat yang sedianya bisa menghindari (seks bebas) dan mulai hidup sehat,” ujar Yudhi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id