12 Pemenang Lomba Inovasi Moderasi Beragama, Kemenag berharap Jadi Role Model

12 Pemenang Lomba Inovasi Moderasi Beragama, Kemenag berharap Jadi Role Model

Pemenang Lomba Inovasi Moderasi Beragama 2023--Foto : kemendagri.go.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Balai Litbang Agama (BLA) Semarang dengan bangga mengumumkan 12 pemenang Lomba Inovasi Moderasi Beragama 2023, yang diadakan dengan tujuan mempromosikan moderasi dan toleransi beragama di Indonesia.

Lomba Inovasi Moderasi Beragamaini menarik perhatian 162 peserta yang tersebar dalam empat kategori berbeda.

Dilansir dari Kemenag.go.id Kepala BLA Semarang, Anshori, menjelaskan bahwa Lomba Inovasi Moderasi Beragama dimulai pada bulan Juli 2023 dan melibatkan proses seleksi ketat.

Tahap awal melibatkan sosialisasi dan pengumpulan berkas, yang dilakukan baik secara offline maupun online melalui media sosial BLA Semarang.

BACA JUGA:Polri tetapkan Satu Tersangka Dugaan Pelecehan Seksual Miss Universe Indonesia

Peserta terbagi dalam empat kategori lomba, yaitu kampung moderasi, rumah ibadah moderasi, sekolah moderasi, dan madrasah moderasi.

Tahap wawancara Lomba Inovasi Moderasi Beragama dilakukan secara online melalui platform Zoom Meeting. Wawancara untuk kategori kampung moderasi dan rumah ibadah moderasi digelar pada tanggal 14 September 2023, sementara wawancara untuk nominator kategori madrasah dan sekolah moderasi beragama dilaksanakan pada hari berikutnya.

Para dewan juri yang terdiri atas tokoh-tokoh agama dan akademisi ternama seperti Romo FX Sugiana, Pendeta Henry Jacques Pattinasarany Alissa Wahid, Banthe Dhirapunno, Prof. Dr. I Nyoman Yoga Segara, Dr. Mahmud Syaltout Syahidulhaq, dan Ws. Sugiandi Surya Atmaja, turut serta dalam wawancara secara online. Tim substansi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga ikut berkontribusi dalam proses wawancara.

Masing-masing peserta diberikan waktu satu jam untuk wawancara, yang terbagi menjadi dua sesi, yaitu pemaparan selama 5 menit oleh peserta dan pengelaborasian oleh dewan juri selama 55 menit berikutnya.

BACA JUGA:Dugaan Pemerasan beredar melibatkan Pimpinan KPK, Ajudan Mentan Syahrul Yasin Limpo Dipanggil Polisi

Setelah proses wawancara, tahap berikutnya adalah Visitasi Dewan Juri kepada 12 peserta dari empat kategori pemenang.

Para pemangku kepentingan pemerintah juga turut serta dalam tahap visitasi ini dengan tujuan mendukung dan mempromosikan inovasi di masing-masing unit. Hasil dari visitasi ini kemudian dilaporkan dalam sidang pleno yang diselenggarakan secara virtual pada tanggal 2 Oktober 2023.

Kepala BLA Semarang, Anshori, menyatakan, "Pemenang dari lomba inovasi moderasi beragama ini semoga menjadi role model bagi unit-unit lain di seluruh tanah air."

Dia juga menambahkan bahwa tahap akhir lomba ini menjadi awal rangkaian kegiatan ekspos inovasi moderasi beragama selanjutnya, yaitu Diskusi Publik Ekspos Inovasi Moderasi Beragama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.kemendagri.go.id/