Presiden Timor-Leste Jose Ramos-Horta Balas Kritik Australia Terhadap Kemitraan Baru dengan Tiongkok

Presiden Timor-Leste Jose Ramos-Horta Balas Kritik Australia Terhadap Kemitraan Baru dengan Tiongkok

José Ramos-Horta, Presiden Republik Demokratik Timor-Leste.--instagram.com/@tivoliavenidaliberdade

BACA JUGA:Catat Tanggalnya! Pemerintah Sudah Rilis Jadwal Terbaru dan Rinci Seleksi Penerimaan CPNS dan PPPK Tahun 2023

Atas perjanjian pakta keamanan antara Tiongkok dan Kepulauan Solomon tersebut, Australia dan negara-negara lain termasuk Amerika Serikat menyatakan keprihatinan serius.

Mereka khawatir pemerintah Tiongkok menggunakan kehadiran dan pengaruhnya yang semakin besar di kawasan tersebut, untuk memperluas klaim ekspansionisnya di Laut Cina Selatan dan Taiwan.

Di antara beberapa negara Pasifik, Timor-Leste termasuk yang menolak proposal Tiongkok yang gagal membuat perjanjian keamanan regional.

Mengenai anggapan bahwa Timor-Leste membuat kesepakatan yang sama, José Ramos-Horta yang merupakan mantan pemimpin gerakan kemerdekaan Timor-Leste di pengasingan dan juga mantan Perdana Menteri negara tersebut, menolak dengan tegas anggapan tersebut.

BACA JUGA:Mendagri mendorong masyarakat diversifikasi pangan sebagai langkah menghindari ketergantungan pada beras

“Pertukaran militer berarti kunjungan kapal angkatan laut yang bersahabat,” katanya ketika diminta untuk mengklarifikasi bagian pernyataan bersama tersebut.

“Satu kapal Angkatan Laut [Tiongkok] datang ke sini beberapa tahun lalu dan sebuah kapal rumah sakit Angkatan Laut datang [dua] minggu lalu. Ini juga berarti pertukaran kunjungan para pemimpin militer,” sambung Ramos-Horta.

José Ramos-Horta tidak menanggapi permintaan untuk mengklarifikasi pernyataan bersama yang menyebutkan pelatihan personel, teknologi peralatan, dan latihan bersama.

Ramos-Horta mengatakan kepada Guardian pada pekan lalu bahwa Australia tetap menjadi “mitra pertahanan dan keamanan pilihan” bagi Timor-Leste.

BACA JUGA:Ryzki Oktavian Ramadhan Sabet Emas di Porprov Sumsel 2023, Berbagi Pengalaman Inspiratif

Sebelumnya, Ramos-Horta menyampaikan kepada Reuters bahwa kerja sama militer tidak dibahas sebagai bagian dari peningkatan hubungan kedua negara, meskipun hal itu dimasukkan dalam pernyataan bersama yang juga ia publikasikan di media sosialnya. Namun, Ramos-Horta tidak tidak menanggapi permintaan klarifikasi pernyataan itu.

Seperti telah diketahui, Timor-Leste termasuk salah satu negara termiskin di dunia. Untuk menopang perekonomiannya, Timor-Leste sangat bergantung pada cadangan minyak dan gas.

Meskipun memiliki hubungan yang dekat dengan Australia, namun Timor-Leste juga mempunyai sejarah yang rumit.

Selama beberapa dekade, terjadi perselisihan antara Timor-Leste dan Australia dalam perundingan mengenai ladang minyak dan gas Greater Sunrise di Laut Timor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: theguardian.com