Pentingnya Servis Berkala Kendaraan Anda, Panduan untuk Tahun Pertama Pemilik Sepeda Motor

Pentingnya Servis Berkala Kendaraan Anda, Panduan untuk Tahun Pertama Pemilik Sepeda Motor

Penting bagi setiap pemilik sepeda motor untuk menjaga performa kendaraan mereka dengan melakukan servis berkala.--instagram.com/@hondamitrasehatibogor

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Penting bagi setiap pemilik sepeda motor untuk menjaga performa kendaraan mereka dengan melakukan servis berkala.

Namun, seringkali pemilik motor bingung tentang kapan harus melakukan perawatan rutin dan berapa biayanya.

Untuk membantu Anda yang masih bingung, kami akan memberikan panduan servis berkala selama setahun pertama untuk motor Honda BeAT, salah satu model yang sangat populer di Indonesia.

Menurut Muhammad Fikri, seorang Service Advisor (SA) di AHASS Bes Motor Serpong, dalam setahun pertama, pemilik motor Honda BeAT harus melakukan empat kali servis berkala. Ini penting untuk menjaga kendaraan dalam kondisi optimal.

BACA JUGA:Tak Tahu Menikah Dengan Seorang Bule Kriminal, Gadis Banjar Ini Menerima Kenyataan Bapaknya Dibunuh Oleh Suami

Servis pertama sebaiknya dilakukan saat odometer menunjukkan angka 1.000 km atau setelah dua bulan pemakaian, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

Servis pertama ini memiliki peran penting sebagai tahap akhir pengecekan atau quality control (QC) untuk motor yang baru dijual kepada konsumen.

Fikri memberi penjelasan bahea servis pertama ini akan melibatkan penggantian oli, pemeriksaan CVT, mesin, dan komponen-komponen yang lainnya.

Tujuannya adalah untuk memastikan apakah ada kekurangan atau masalah apa pun pada motor. Namun, biasanya motor-motor baru dalam 1.000 km pertama selalu dalam kondisi yang sangat baik.

BACA JUGA:Hutan Tropis Bukan Band Biasa, Peduli Lingkungan Hidup dan Alam adalah Seni Menjadi Manusia Berbudaya

Yang lebih baik lagi, pada saat servis pertama, konsumen akan mendapatkan oli dan jasa gratis, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Servis kedua dilakukan ketika odometer menunjukkan 4.000 km atau setelah empat bulan pemakaian, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

Proses servis kedua hampir mirip dengan servis pertama, yaitu penggantian oli dan pemeriksaan komponen-komponen penting lainnya.

Namun, pada servis kedua, konsumen sudah tidak akan mendapatkan oli gratis lagi, hanya jasa yang tetap gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber