Perjalanan Panjang Fidel Castro, Pemimpin Revolusi Kuba Meninggal di Usia 90 Tahun

Perjalanan Panjang Fidel Castro, Pemimpin Revolusi Kuba Meninggal di Usia 90 Tahun

Perjalanan Panjang Fidel Castro, Pemimpin Revolusi Kuba Meninggal di Usia 90 Tahun--Foto: instagram @revolution 1978_1948

5. Kepemimpinan yang Panjang:

   - Fidel Castro memimpin Kuba selama hampir lima dekade sebelum mengundurkan diri pada tahun 2008 karena masalah kesehatan.

   - Adiknya, Raul Castro, menggantikannya sebagai pemimpin Kuba.

BACA JUGA:Update Shio Hari Ini Selasa 26 September 2023, Mendapatkan Kegembiraan dalam Hidup

6. Kematian:

   - Fidel Castro meninggal dunia pada 25 November 2016 di Havana, Kuba.

Fidel Castro dikenal sebagai sosok kontroversial yang memimpin Kuba menuju rezim komunis, dengan pendukungnya melihatnya sebagai pahlawan revolusi sementara kritikusnya menganggapnya sebagai diktator yang melanggar hak asasi manusia.

Perjalanan hidupnya mencerminkan peristiwa penting dalam sejarah Kuba dan hubungannya dengan politik internasional. Tentu, berikut lanjutan perjalanan hidup Fidel Castro:

7. Hubungan dengan Amerika Serikat:

   - Hubungan antara Fidel Castro dan Amerika Serikat selama masa pemerintahannya sangat tegang. Amerika Serikat mencoba untuk menggulingkannya dengan berbagai upaya, termasuk invasi Teluk Babi pada tahun 1961 yang gagal.

   - Embargo perdagangan yang ketat juga diberlakukan oleh Amerika Serikat terhadap Kuba, yang berlangsung selama bertahun-tahun.

BACA JUGA: Nunung Srimulat Mengungkapkan Kondisi Kesehatannya: Menghadapi Kanker Payudara dengan Tabah

8. Perekonomian Kuba:

   - Di bawah kepemimpinan Castro, Kuba mengadopsi model ekonomi sosialis dan mengambil alih sektor-sektor kunci ekonomi, seperti pertanian dan industri.

   - Meskipun berhasil dalam beberapa aspek seperti pendidikan dan sistem perawatan kesehatan, ekonomi Kuba mengalami kesulitan, dan negara ini bergantung pada bantuan ekonomi dari Uni Soviet hingga Uni Soviet runtuh pada tahun 1991.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber