Penambang dan Pengelola Minyak Mentah Muba Datang ke Palembang, Sampaikan Aspirasi kepada Gubernur Sumsel

Penambang dan Pengelola Minyak Mentah Muba Datang ke Palembang, Sampaikan Aspirasi kepada Gubernur Sumsel

Gerakan Masyarakat Muba Bersatu bertolak ke Palembang hendak menyampaikan sejumlah tuntutan mereka kepada Gubernur Herman Deru, terkait tambang minyak milik rakyat di Muba yang sudah berjalan puluhan tahun. Rabu, 8 Maret 2023.-Ruzi Iskandar-PALTV

MUSI BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Menggunakan kendaraan bis, ribuan warga Kabupaten MUSI BANYUASIN (Muba) dari berbagai kecamatan berkumpul di Stadion Serasan Sekate Kota Sekayu pada Rabu, 8 Maret 2023. Warga Muba ini secara bersama-sama berangkat ke Kota Palembang. Mereka hendak menyampaikan aspirasi kepada Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru terkait pengelolaan tambang minyak yang dikelola masyarakat Muba.

Koordinator Aksi Ashari dalam keterangannya menjelaskan, Gerakan Masyarakat Muba Bersatu ini ingin menyampaikan sejumlah tuntutan mereka kepada Gubernur Herman Deru. Mereka meminta perlindungan Gubernur Sumsel terkait tambang minyak milik rakyat di Muba yang sudah berjalan puluhan tahun.

“Ini kesepakatan aksi masyarakat penambang Muba untuk menyampaikan aspirasi, itu yang pertama. Yang kedua minta perlindungan kepada Pemerintah Provinsi atau Gubernur, sehubungan minta percepatan legalnya sumur-sumur (minyak) masyarakat. Sudah itu mendukung semua aspek pemerintah baik Kabupaten maupun Provinsi. Dan yang terakhir masyarakat Muba khsususnya kami penambang tidak mau diadudomba oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” ungkap Ashari.

Aksi yang dilakukan warga penambang di Muba ini merupakan aksi damai, yang diikuti kurang lebih dua ribu warga dari berbagai Kecamatan yang ada di Musi Banyuasin.

BACA JUGA:Tempat Usaha Mebel di Sekayu Terbakar, 4 Rumah Warga Ikut Hangus

BACA JUGA:Hadiri Tabliqh Akbar di Pengandonan, Teddy dan Hj Samantha Bernostalgia di Tempat Kelahiran


Koordinator Aksi Ashari memberi arahan kepada para penambang dan pengelola minyak mentah dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin sebelum bertolak ke Palembang, Rabu (8/3/2023).-Ruzi Iskandar-PALTV

Sementara itu melihat banyaknya warga yang ikut dalam aksi demo ke Palembang, membuat Polres Muba menerjunkan personilnya untuk mengawal aksi. Langkah tersebut diambil agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan ke Palembang.

Kasat Lantas Polres Muba AKP Ricky Mozam memberikan pengawalan serta himbauan kepada warga yang melakukan aksi demo di Palembang agar tidak berbuat anarkis, serta tertib berlalulintas selama dalam perjalanan.


Kasat Lantas Polres Muba AKP Ricky Mozam memberi arahan dan himbauan kepada peserta aksi yang akan berangkat konvoi ke Palembang, Rabu (8/3/2023).-Ruzi Iskandar-PALTV

“Kami melakukan pengawalan dan juga pengamanan di jalan. Kami langsung koordinasikan dengan jajaran Satuan Lalu Lintas untuk mengamankan jalur tersebut. Untuk kendaaraan bus kurang lebih 21 kendaraan. Untuk kendaraan R4 kurang lebih sekitar 23 kendaraan. Yang kita antisipasi adalah adanya perlancaran di jalan raya pada saat nanti melintas menuju Kota Palembang. Dan juga keselamatan dari para pengguna jalan yang lainnya,” jelas AKP Ricky Mozam.

Setelah diberikan arahan oleh Kasat Lantas Polres Muba, ribuan warga yang menggunakan puluhan kendaraan tersebut berangkat ke Kota Palembang dengan pengawalan polisi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv