Makam Sultan Mahmud Badarudin II di Ternate Maluku, Resmi Jadi Cagar Budaya Nasional

Makam Sultan Mahmud Badarudin II di Ternate Maluku,  Resmi Jadi Cagar Budaya Nasional

Sultan Palembang Darussalam, SMB IV Fauwaz Diradja menyampaikan bahwa makam SMB II di akui sebagai cagar budaya nasional-juliadi-foto pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Makam Sultan Mahmud Badaruddin II di Ternate, Maluku Utara, telah resmi diakui sebagai Cagar Budaya Nasional setelah melewati sidang Tim Ahli Cagar Budaya Nasional tahun 2023. 

Makam Sultan Mahmud Badaruddin II ini sendiri terletak di Kompleks Pekuburan Islam, Kelurahan Makassar Barat, Kecamatan Ternate Tengah, Maluku Utara.

SMB II merupakan pahlawan nasional asal kota Palembang sebagai sultan kedua dari Kesultanan Palembang Darussalam.  Tokoh yang terkenal dengan kebijakan dan jiwa patriotnya ini lahir pada 1 Rajab 1181 Hijriah atau 1767 Masehi,

Sultan Mahmud Badaruddin II diangkat menjadi Sultan Palembang Darussalam pada 4 April 1803.

BACA JUGA:Menyusu Pada Serigala Betina, Kisah Legendaris Romulus dan Remus dalam Mitologi Romawi Pendiri Kota Roma

Diakuinya makam SMB II sebagai cagar budaya nasional disampaikan Sultan Palembang Darussalam, SMB IV Fauwaz Diradja,  pada program Hallo Palembang Paltv (4/9) lalu.

Pengakuan makam Sultan Mahmud Badaruddin II sebagai Cagar Budaya Nasional adalah langkah penting dalam menjaga warisan budaya dan sejarah Indonesia.

Kesultanan Palembang Darussalam dan kontribusi Sultan Mahmud Badaruddin II sebagai pahlawan nasional akan semakin dikenal dan dihargai oleh generasi muda Indonesia.

Pihak Sultan Palembang Darussalam dengan rendah hati mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Maluku Utara yang telah mengajukan makam Sultan Mahmud Badaruddin II sebagai Cagar Budaya Nasional.

BACA JUGA:Akibat Kecelakaan di Sirkuit Catalunya, Francesco Bagnaia Dipastikan Gagal Ikut MOtoGP San Marino

Keputusan ini diumumkan setelah melalui sidang Tim Ahli Cagar Budaya Nasional tahun 2023.

Sultan Mahmud Badaruddin II, atau SMB II, adalah seorang pahlawan nasional yang berasal dari Kota Palembang, dan ia merupakan sultan kedua dari Kesultanan Palembang Darussalam.

Makamnya yang berada di Kompleks Pekuburan Islam, Kelurahan Makassar Barat, Kecamatan Ternate Tengah,

Maluku Utara, kini telah mendapatkan pengakuan yang layak sebagai Cagar Budaya Nasional. Dalam sebuah pernyataan resmi, pihak Sultan Palembang Darussalam menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Pemerintah Maluku Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber