Tergiur Promosi Rumah Murah, Hati-Hati Ada Biaya Tersembunyi Yang Harus Dibayar Pembeli

Tergiur Promosi Rumah Murah,  Hati-Hati Ada Biaya Tersembunyi Yang Harus Dibayar Pembeli

Tergiur promosi rumah murah, pelajari apa saja biaya tersembunyi yang harus dibayar juga oleh pembeli--instagram.com/@la. Vally

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Saat mencari rumah idaman dengan harga terjangkau, banyak dari kita sering kali tergoda oleh promosi rumah murah yang menggiurkan.

Namun, sebelum Anda terlalu terbuai oleh penawaran tersebut, perlu diingat bahwa ada biaya tersembunyi yang seringkali terlupakan dalam proses pembelian rumah murah.

Untuk itu sebelum akad, perhatikan dulu biaya biaya yang biasanya tersembunyi dan harus dibayar oleh pembeli rumah. Biaya-biaya yang biasanya tersembunyi ini meliputi :

1. Biaya Notaris

BACA JUGA:Sekda Kota Palembang Ratu Dewa Tak Mau Berandai-andai Jadi Pj Walikota Palembang

Saat membeli rumah, Anda harus membayar biaya notaris. Biaya notaris meliputi proses legalisasi dokumen-dokumen properti Anda, yang wajib ada dalam pembelian properti.

Keterlibatan notaris dalam jual beli properti seperti rumah sangat penting. Karena notaris akan menerbitkan dokumen legalitas jual beli yang diakui secara hukum.

Dalam UU No.30 tahun 2004 diatur tarif untuk notaris. Kita ambil contoh, jika harga rumah Rp 100 juta, honor paling besar diterima yakni 2,5 persen dari nilai Rp 100 juta.

Namun jika harga lebih tinggi yakni antara Rp 100 juta sampai Rp 1 miliar maka nilai tarif notaris biasanya 1,5 persen dari nilai transaksi.

BACA JUGA:Pendangkalan dan Keruhnya Air Sungai Enim serta Listrik PLN Jadi Kendala Pendistribusian PDAM Lematang Enim

Dan jika nilai diatas Rp 1 miliar, maka biaya notaris di angka 1 persen dari nilai transaksi.

Untuk biaya notaris ini tergantung kesepakatan siapa yang akan membayar. Boleh adari pihak penjual maupun pembeli. Mengenai PPN, sudah ditetapkan oleh negara sebesar 11 persen.

2. Biaya Provisi Agen Properti

Jika Anda menggunakan jasa agen properti untuk membantu Anda menemukan rumah yang sesuai, mereka biasanya akan meminta biaya provisi, yang bisa mencapai beberapa persen dari harga rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber