Badan Tim Nasional Diaktifkan Kembali, Erick Thohir Targetkan Indonesia Lolos Piala Dunia 2040

Badan Tim Nasional Diaktifkan Kembali, Erick Thohir Targetkan Indonesia Lolos Piala Dunia 2040

Erick Thohir resmi menggantikan Mochamad Iriawan menjadi Ketua Umum PSSI yang baru.--instagram.com/@erickthohir

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Resmi sudah Erick Thohir menggantikan Mochamad Iriawan menjadi Ketua Umum PSSI yang baru. Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum PSSI untuk periode 2023-2027. Mantan Menteri BUMN RI itu terpilih menjadi Ketua Umum PSSI dalam Kongres Luar Biasa atau KLB PSSI yang berlangsung secara tertutup di Jakarta, Kamis, 16 Februari 2023 lalu.

Belum lama terpilih, Erick langsung menggelar rapat bersama jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI di kantor PSSI, GBK Arena, pada Sabtu 18 Februari 2023 lalu. Dalam pembahasannya Erick menyampaikan akan mengaktifkan kembali Badan Tim Nasional (BTN). Ia juga akan membentuk Komite Ad Hoc Suporter dan Komite Ad Hoc Infrastruktur.

Secara lebih jelas Komite Ad Hoc Suporter dibentuk untuk mengurus permasalahan terkait pendukung, supaya para suporter nasional bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman selama pertandingan. Sementara itu, Komite Ad Hoc infrastruktur dibentuk untuk mengurus training camp sepak bola Indonesia.

Untuk BTN sendiri sebelumnya dibentuk pertama kali pada tahun 2013 silam yang pada waktu itu PSSI dipimpin oleh Djohar Arifin. Dalam Surat Keputusan (SK) PSSI Nomor 25/JAH/II/2013, dengan mengangkat Isran Noor sebagai Ketua Umum yang dibantu oleh Harbiansyah dan Erizal Anwar sebagai Wakil Ketua BTN, pada 27 Februari 2013 silam.

BACA JUGA:FIFA Minta Dibuatkan Kantor di Indonesia? Begini Alasannya

BACA JUGA:Meski Telah Resmi Bergabung dengan Klub Turki Bodrumspor AS, Ronaldo Kwateh Belum Bisa Ikut Latihan


Ketua Umum PSSI Erick Thohir rapat bersama jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI di kantor PSSI, GBK Arena, pada Sabtu 18 Februari 2023 lalu.--instagram.com/@erickthohir

Kemudian selama beberapa tahun BTN berdiri dan sempat dipimpin oleh Rahim Soekasah dan La Nyalla Mattalitti. Namun, pada tahun 2015 silam BTN sempat dibubarkan oleh PSSI dan akan diaktifkan kembali dalam waktu dekat ini.

BTN ini merupakan unit khusus yang ada di tubuh PSSI, di mana bertujuan untuk fokus kepada perkembangan Timnas Indonesia. 

“Kita juga memastikan pembentukan Badan Tim Nasional (BTN) sebab kami harus memastikan agenda besar main di Piala Dunia 2040-an,” kata Erick Thohir kepada awak media pada rapat di GBK Arena, Sabtu (18/2/2023).

Erick Thohir menyatakan, Indonesia juga harus bisa mencontoh India yang saat ini memiliki blue print timnasnya, mulai tahun 2023 sampai tahun 2047 mendatang. Sehingga dengan terbentuknya BTN nanti Timnas Indonesia bisa menjadi seperti yang direncanakan.

BACA JUGA:Ini yang Ditunggu-tunggu Pemirsa, Umroh Bareng PALTV dan Holiday Angkasa Wisata

BACA JUGA:Tebing Senja, Tempat Nongkrong Asik di Kota Palembang

“Negara lain seperti India sudah memiliki blueprint 2023-2047. Kami juga nggak boleh tertinggal, BTN merupakan satu di antara sejumlah rencana jangka panjang persiapan Timnas Indonesia,” sambung Ketua Umum PSSI yang baru itu.* (Euriko Yoseph Pangaribuan, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber