Catat! Puasa Hampir Tiba, Ini Tips agar Puasa Menjadi Lancar

Catat! Puasa Hampir Tiba, Ini Tips agar Puasa Menjadi Lancar

Ilustrasi menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan.-mohamed_hassan-pixabay.com/mohamed_hassan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sudah tak dipungkiri puasa Ramadhan adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh semua umat Islam. puasa Ramadhan merupakan puasa wajib dilakukan umat Islam karena juga merupakan rukun Islam keempat dan ketentuannya juga sudah tercantum pada Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 183. puasa Ramadhan dilakukan pada bulan Ramadhan dalam kurun waktu 29 sampai 30 hari pada umumnya.

Proses pelaksanaan puasa ini yaitu dengan menahan diri dari kegiatan makan, minum dan kegiatan lain yang bisa membatalkan puasa. Dimulai dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Puasa Ramadhan menjadi puasa yang paling ditunggu umat muslim karena bulan Ramadhan merupan bulan yang penuh rahmat dan keistimewaan. Pada bulan Ramadhan, Allah memberikan rahmatnya dengan melipat gandakan semua amal ibadah kita, pintu surga terbuka lebar, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu.

Oleh karena itu, kaum muslimin harus tetap bersyukur apabila masih bisa dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Umat Islam dianjurkan mencari pahala dan amal sebanyak-banyaknya pada bulan suci Ramadhan.

Mengutip dari laman dalamislam.com, berikut ada beberapa kiat agar puasa kita menjadi lancar.

BACA JUGA:Hati-hati! Warna Cat Bodi Mobil Tak Sesuai STNK Bisa Kena Tilang

BACA JUGA:Ini yang Ditunggu-tunggu Pemirsa, Umroh Bareng PALTV dan Holiday Angkasa Wisata

1. Meniatkan hati dan pikiran untuk berpuasa

Berpuasa di bulan suci Ramadhan merupakan proses yang mengharuskan umat Islam yang menjalankannya menahan lapar, minum dan segala hal yang dapat membatalkan puasa. Selain itu, juga harus menahan hawa nafsu seharian, sehingga bagi yang menjalankan ibadah puasa harus mempersiapkan hati dan pikiran dengan yakin berniat untuk melaksanakan puasa. Maka dengan begitu, puasa akan menjadi lebih mudah.

2. Bersabar dan menahan emosi

Puasa juga merupakan salah satu proses melatih kesabaran. Muslim tidak boleh berkata kasar dan kotor, marah, mengumpat, atau melakukan hal-hal lain yang membatalkan puasa. Menahan diri dari emosi dan selalu bersabar adalah salah satu kunci untuk ibadah puasa menjadi lancar.

BACA JUGA:Deretan Ilmuwan yang Meregang Nyawa Akibat Temuannya Sendiri

BACA JUGA:Anti Burst! Player Tank Wajib Tahu Item Counter Karrie Mobile Legends

3. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup juga merupakan cara agar ibadah puasa yang kita jalankan menjadi lebih mudah dan lancar. Hindari melakukan aktivitas begadang pada malam hari. Jika memungkinkan tidurlah juga beberapa waktu pada siang harinya. Dengan istirahat yang cukup dapat membuat tubuh menjadi terasa lebih segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dalamislam.com