Dinas PMD Muba Gelar Tes Urine Dadakan untuk Meningkatkan Integritas Pegawai

Dinas PMD Muba Gelar Tes Urine Dadakan untuk Meningkatkan Integritas Pegawai

Kepala dinas pmd muba Erdian Syahri (tiga dari kiri) memantau langsung proses pengambilan sample urine prgawai.-Foto/Ruzi Iskandar-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Dalam upaya untuk memastikan kualitas pelayanan yang optimal dan menjaga integritas pegawai, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melaksanakan tes urine dadakan bagi 67 pegawainya pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di kantor Dinas PMD Muba , yang bertujuan untuk memberikan sinyal kuat bahwa instansi ini serius dalam menjaga lingkungan kerja yang bersih dari penggunaan narkotika.

Sebanyak 67 pegawai Dinas PMD terdiri dari 31 pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 36 non-ASN. Sebelum menjalani tes urine, seluruh pegawai tersebut diminta untuk menandatangani pakta integritas, menegaskan komitmennya untuk bekerja dengan etika tinggi dan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dalam melaksanakan tugas-tugasnya, serta memerangi penyalahgunaan narkoba di lingkungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Musi Banyuasin. 

Proses tes urine dadakan ini dilakukan dengan disiplin yang tinggi. Dimana pegawai yang telah menandatangani fakta integritas mengikuti antrian pengambilan sampel urine sesuai petunjuk dari petugas medis dari Dinas Kesehatan Muba.

Langkah ini diambil sebagai bentuk upaya preventif dalam menghindari penggunaan narkotika di lingkungan kerja, yang dapat merusak produktivitas dan citra positif Dinas PMD Muba.

BACA JUGA:Mengapa Gunung Erupsi : Penyebab, Dampak, dan Langkah Cepat Penanggulangannya

BACA JUGA:Update Shio Hari Ini Selasa 22 Agustus 2023: Shio Kerbau Naik Daun, Shio Kelinci Jangan Spaneng

Kepala Dinas PMD Muba, Erdian Syahri, menjelaskan bahwa tindakan ini diambil sebagai langkah konkret untuk meneguhkan komitmen dinas dalam menjaga integritas dan profesionalisme pegawai.

"Penandatanganan fakta integritas dan pelaksanaan tes urine ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada pegawai dalam lingkungan Dinas PMD Muba yang terlibat dalam penggunaan narkotika," ujar Erdian.

Lebih lanjut, Erdian mengungkapkan bahwa Dinas PMD Muba percaya bahwa integritas pegawai merupakan faktor kunci dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Dengan menciptakan lingkungan kerja yang bersih dari narkotika, diharapkan semua pegawai dapat bekerja dengan maksimal, berdedikasi tinggi, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Dalam pantauan Paltv pihak internal Dinas PMD Muba juga merespons positif tindakan ini. Beberapa pegawai  terlihat antusias  untuk menjalani tes urine sebagai bentuk dukungan terhadap inisiatif ini. Langkah preventif seperti ini dinilai efektif dalam menciptakan atmosfer kerja yang positif dan produktif.


Sejumlah pegawai di dinas PMD MUBA, menandatangani pakta integritas di halaman kantor dinas pmd muba.-Foto/Ruzi Iskandar-PALTV

Erdian juga menambahkan "Dengan digelarnya tes urine dadakan ini, Dinas PMD Muba memberikan pesan kuat bahwa integritas dan profesionalisme adalah aspek yang tak bisa ditawar-tawar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id