Hindari Mobil Tak Bisa Hidup Gara-Gara Aki : Ini tips Merawat Aki Mobil Agar Awet dan Tahan Lama

Hindari Mobil Tak Bisa Hidup Gara-Gara Aki : Ini tips Merawat Aki Mobil Agar Awet dan Tahan Lama

Tips merawat Aki mobil supaya awet dan tahan lama. Salah satunya pemeriksaan berkala--unsplash.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Aki mobil merupakan salah satu komponen penting dalam sistem kendaraan yang memastikan mobil dapat dinyalakan dan beroperasi dengan baik.

Agar aki mobil dapat awet dan tahan lama, perawatan yang tepat sangatlah penting. Berikut adalah beberapa langkah penting dalam merawat aki mobil Anda agar tetap awet dan berfungsi dengan optimal:

1. Periksa Kondisi Secara Berkala. Lakukan pemeriksaan kondisi aki secara berkala. Periksa apakah ada tanda-tanda korosi pada terminal aki, apakah ada kebocoran asam, atau apakah permukaan aki terlihat kotor.

Jika Anda menemukan tanda-tanda tersebut, segera bersihkan dengan menggunakan sikat aki dan larutan air dan baking soda untuk menghilangkan korosi.

BACA JUGA:Kisah Dibalik Sukses Paskibraka! Lilly Indiani Pembawa Baki Bendera Merah Putih Sepatunya Copot Sebelah

2. Pastikan Terminal Aki Kencang. Pastikan terminal aki terpasang dengan kencang. Terminal yang kendur dapat mengakibatkan masalah kelistrikan yang dapat merusak aki dan komponen lainnya. Gunakan kunci aki untuk memastikan terminal terpasang dengan kokoh.

3. Cek Level Cairan Aki. Beberapa jenis aki memerlukan pemeriksaan level cairan secara berkala. Pastikan level cairan aki berada di atas tanda minimum dan di bawah tanda maksimum.

Jika level cairan rendah, tambahkan air murni yang telah disuling untuk menjaga level cairan tetap seimbang. Namun, pastikan tidak mengisi terlalu penuh agar tidak meluber.

4. Jaga Kondisi Charge Aki. Pastikan aki selalu terisi penuh. Kendaraan yang jarang digunakan cenderung membuat aki kehilangan daya secara perlahan. Jika memungkinkan, gunakan pengisi daya aki (charger) yang dirancang khusus untuk menjaga daya aki tetap optimal saat kendaraan tidak digunakan dalam waktu lama.

BACA JUGA:Semangat Kemerdekaan Plt Bupati Muara Enim Ajak Generasi Muda Berkontribusi Membangun Daerah

5. Hindari Penggunaan Peralatan Listrik Saat Mesin Mati

Hindari menggunakan peralatan listrik seperti lampu, radio, atau pengisian daya gadget saat mesin dalam keadaan mati. Penggunaan peralatan listrik ini dapat menguras daya aki tanpa diisi ulang oleh mesin, menyebabkan aki kehilangan daya lebih cepat.

6. Berkendara Secara Rutin

Aki mobil juga mendapatkan pengisian daya melalui mesin kendaraan saat mesin berjalan. Berkendara secara rutin dapat membantu menjaga daya aki tetap optimal. Jika Anda memiliki kendaraan yang jarang digunakan, pertimbangkan untuk menjalankan mesin dalam waktu singkat secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber