Kenali 15 Ciri-ciri Orang Manipulatif dan 10 Cara Menghadapinya

Kenali 15 Ciri-ciri Orang Manipulatif dan 10 Cara Menghadapinya

Ilustrasi orang yang manipulatif.-Taras Chernus-unsplash.com/@chernus_tr

BACA JUGA:Proses Pembuatan ‘Telok Ukan’ Telur Bukan Sembarang Telur Kuliner Khas Kota Palembang

1. Pahami Taktik Manipulatif

Pertama-tama, kenali taktik-taktik manipulatif yang mungkin digunakan oleh orang tersebut. Dengan mengenali taktik-taktik ini, Anda dapat lebih waspada terhadap upaya manipulatif mereka.

2. Jaga Batas

Tetapkan batas-batas yang jelas dan tegas mengenai apa yang dapat Anda terima dan apa yang tidak dapat Anda terima dari orang tersebut. Tetap teguh pada batas-batas ini, bahkan jika mereka mencoba untuk melewatkannya.

BACA JUGA:Perayaan Hari Kemerdekaan Ke-78 RI, Emak-emak dan Waria Bersaing dalam Lomba Baris-berbaris di Kota Pagar Alam

3. Jaga Emosi Anda

Orang manipulatif mungkin mencoba memanfaatkan emosi Anda. Cobalah untuk tetap tenang dan tidak terbawa emosi saat berhadapan dengan mereka. Ini dapat membantu Anda mengambil keputusan yang lebih baik.

4. Berbicara Terbuka

Jika Anda merasa terlibat dalam situasi yang merugikan atau tidak sehat, bicarakan dengan orang tersebut secara terbuka. Sampaikan bagaimana Anda merasa dan jelaskan batas-batas yang Anda tetapkan.

BACA JUGA:Gubernur Herman Deru Instruksikan Walikota Bagikan Masker untuk Warga Terdampak Asap Kebakaran TPA Sukawinatan

5. Jangan Terjebak dalam Permainan

Orang manipulatif sering menciptakan drama atau konflik untuk mendapatkan perhatian atau mengalihkan perhatian dari tindakan mereka. Jangan terjebak dalam permainan ini dan berusaha untuk tetap fokus pada isu pokok.

6. Kumpulkan Dukungan

Berbicaralah dengan teman, keluarga, atau profesional yang Anda percayai tentang situasi ini. Mereka dapat memberikan perspektif yang obyektif dan memberikan dukungan emosional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber