Waspada! Pergaulan Negatif Bisa Berdampak pada Terhambatnya Perkembangan Diri

Waspada! Pergaulan Negatif Bisa Berdampak pada Terhambatnya Perkembangan Diri

Pergaulan negatif dapat menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan sosial, emosional, dan bahkan fisik seseorang.--freepik.com/@freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pergaulan dapat memiliki pengaruh yang signifikan pada individu dalam berbagai cara.

Pergaulan dengan orang-orang yang memiliki pemikiran positif, keterampilan, dan nilai-nilai yang baik dapat membantu individu dalam perkembangan pribadinya.

Mereka dapat memperluas wawasan, meningkatkan pengetahuan, dan meningkatkan keterampilan melalui kolaborasi dan pertukaran ide dengan orang-orang yang inspiratif.

Sebaliknya, pergaulan negatif dapat menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan sosial, emosional, dan bahkan fisik seseorang.

BACA JUGA:Jangan Putus Asa Menghadapi Anak Disabilitas

Pergaulan negatif sering kali melibatkan perilaku yang tidak sehat, seperti penyalahgunaan narkoba dan alkohol, kekerasan, intimidasi, pengasuhan yang buruk, serta pengaruh negatif dari teman sebaya.

Jika Anda merasa kesulitan menghindari atau mengatasi pergaulan negatif, sangat penting untuk mencari bantuan dari orang dewasa yang dapat dipercaya, seperti orang tua, guru, atau konselor.

Mereka dapat memberikan nasihat dan dukungan yang Anda butuhkan untuk memperbaiki pergaulan Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari atau mengatasi pergaulan negatif:

BACA JUGA:Sarapan Pagi: 10 Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Ketahui!

1. Pilih teman yang baik

Coba temukan dan terlibat dengan teman yang memiliki nilai-nilai yang positif, termotivasi, dan mendukung pertumbuhan pribadi. Teman yang baik akan memberikan pengaruh positif pada hidup Anda.

2. Kenali dan batasi interaksi dengan orang-orang yang berperilaku negatif

Jika Anda menyadari bahwa ada orang-orang dalam lingkungan Anda yang memiliki perilaku negatif, cobalah untuk menjaga jarak dengan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber