Pagar Alam, Surga Kopi Robusta Unggulan Indonesia dengan Tradisi Khas Penjemuran Kopi di Halaman Rumah

Pagar Alam, Surga Kopi Robusta Unggulan Indonesia dengan Tradisi Khas Penjemuran Kopi di Halaman Rumah

Menjemur kopi di halaman Rumah--Foto : Radarjember

PAGAR ALAM, PALTV.CO.ID - PAGAR ALAM, sebuah kota kecil di Sumatera Selatan yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang memukau, juga memperlihatkan kekayaan kopi robusta unggulannya yang telah menjadi ikon bagi Indonesia.

Selain memiliki keindahan alam yang luar biasa, Pagaralam juga menyimpan cerita unik tentang hubungan harmonis antara masyarakatnya dan biji kopi, yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Dikenal sebagai wilayah penghasil kopi robusta berkualitas tinggi, Pagaralam telah mendunia dengan cita rasa khas yang dihasilkan oleh para petani lokal.

Kopi robusta Pagar Alam menawarkan karakter yang khas, dengan aroma dan rasa yang kuat serta tubuh yang penuh. Masyarakat Pagar Alam dengan bangga menyebut kopi ini sebagai harta karun mereka yang paling berharga.

BACA JUGA:Tanjakan Hits Gunung Dempo Pagaralam!. Unik, Jadi Buruan Spot Foto Para Pendaki

BACA JUGA:Wisata Ayek Pacar Pagaralam! Mandi di Suhu Dingin Yang Menantang.


Pagaralam salah satu produsen kopi robusta dunia--Foto : Dokumen pagaralam pos

Salah satu hal yang membedakan kopi Pagar Alam adalah tradisi penjemuran biji kopi di halaman rumah yang telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat desa selama berabad-abad.

Setiap pagi, suasana desa di Pagar Alam diwarnai dengan kegiatan penjemuran biji kopi yang ditata rapi di teras dan pekarangan rumah-rumah warga.

Proses penjemuran ini dilakukan dengan hati-hati dan cermat, mengingat pentingnya proses ini dalam membentuk kualitas dan cita rasa khas dari biji kopi.

Raden Surya, seorang petani kopi dari desa terpencil di Pagaralam, menceritakan, "Tradisi penjemuran kopi di halaman rumah adalah warisan nenek moyang kami.

BACA JUGA:Mengulas Suku Basemah Pagaralam! Miliki Tulisan Kuno Yang Unik

BACA JUGA:Liburan Menyenangkan di Pagaralam, Banyak Destinasi Wisata Alam yang Memukau

Kami percaya bahwa sinar matahari di Pagar Alam memiliki keajaiban tersendiri dalam menyempurnakan biji kopi kami. Selain itu, proses ini juga memungkinkan kami untuk menjaga kontrol atas kualitas biji kopi yang kami hasilkan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber