Tips Cara Membuat Lontong Cap Go Meh, Praktis dan Enak

Tips Cara Membuat Lontong Cap Go Meh, Praktis dan Enak

Lontong Cap Go Meh.-Lontong Cap Gomeh Saronih-instagram.com/@lontongcapgomeh_17

Cara Membuat

1. Opor Ayam.

Bumbu dasar ayam kuning ditumis lalu masukkan ayam yang telah dipotong-potong dan cabe merah yang telah digiling. Tumis sampai airnya keluar, masukkan air dan daun salam. Masukkan santan, dan penyedap rasa ayam. Koreksi rasa.

BACA JUGA:Bew! ‘Iwak Delek’ alias Ikan Channa Bernilai Jutaan Rupiah

2. Lontong.

Siapkan daun pisang, potong-potong dan bakar sebentar. Gulung daun pisang seperti lemper atau bikin selongsong, jangan lupa gunakan lidi untuk menyematkan ujungnya. Masukkan beras hingga memenuhi setengah selongsong, lalu ujung satunya lagi sematkan pakai lidi. Siapkan panci lalu masukkan selongsong tadi ke dalamnya, kemudian tambahkan air sampai terendam.

Cukup rebus selama 5 hingga 6 jam saja. Tambahkan air panas sekiranya air dalam panci hampir habis. Tanda lontong sudah matang dapat dengan periksa kepadatan beras. Sekiranya sudah matang, agar daun pisang tetap bersih dapat disiram dengan air matang dingin. Kemudian miringkan posisi lontong agar airnya tiris.

3. Sambal Goreng Ati Ampela.

BACA JUGA:Tahun 2022-2023, Dinas PU Perkim OKU Bedah 437 Rumah Melalui Program BSPS

Bumbu halus ditumis sampai harum. Kemudian masukkan cabai merah lalu tumis sampai warnanya berubah. Setelah itu masukkan lengkuas, daun salam, dan ati ampela, biarkan hingga lunak. Kini giliran penyedap rasa ayam, santan cair dan kecap manis yang dimasukkan. Setelah itu jangan lupa daun salam dan lengkuas dimasukkan pula. Tunggu hingga masak dengan ciri santan mengental. Sambal goreng ati ampela siap disajikan.

4. Sayur Lodeh.

Rebus nangka muda dengan santan cair sampai matang. Kemudian udang, daun salam dan lengkuas masukkan bersama bumbu halus. Secara teratur dan berturut-turut masukkan buah melinjo, cabai, terong, labu siam, kacang dan santal kental. Setelah matang, segera angkat sayur lodeh.

5. Bumbu Abing.

BACA JUGA:Video: Warga Desa Pelajau Ilir Mulai Galakkan Tanam Sayur di Perkarangan Rumah

Semua bahan yang telah disiapkan campur menjadi satu lalu masak, jangan lupa diaduk sesekali. Tunggu hingga bumbu mengental dan menyerap ke dalam tahu dan telur. Kemudian masukkan lengkuas dan daun salam. Biarkan masak sampai mengental santannya. Nah, bumbu abing siap disajikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tirto.id