Bew! ‘Iwak Delek’ alias Ikan Channa Bernilai Jutaan Rupiah

Bew! ‘Iwak Delek’ alias Ikan Channa Bernilai Jutaan Rupiah

Ikan Channa alias ikan Gabus yang mulai menarik perhatian para penggemar ikan hias di Kota Palembang.-Apriyanto-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Siapa sangka ikan Channa yang lebih dikenal dengan ikan Gabus, atau “wong Pelembang” menyebutnya “iwak Delek”, ternyata bisa menjadi ikan hias yang bernilai jutaan Rupiah.

Sriwijaya Channa Contest ini digelar oleh komunitas pecinta ikan Channa dan diikuti para peserta tak hanya dari Kota Palembang, namun juga dari luar Palembang seperti Jakarta, Bandung, Pekanbaru, Lampung, dan Depok.

Meski belum setenar kontes ikan Cupang, kontes ikan Channa ini mampu menarik minat pengunjung mall dan juga para penggemar ikan hias. Menurut Ketua Pelaksana Sriwijaya Channa Contest Yuspik, penilaian yang dilakukan juri terhadap bentuk tubuh dan warna ikan Channa.

“Yang dinilai itu kebanyakan sih adaptasi penguasaan di dalam tank, warna ikan, proporsional bentuk tubuh ikan. Sama sih seperti kebanyakan ikan hias, tapi Channa ini lebih banyak variannya,” jelas Yuspik.

BACA JUGA:Perahu Ketek Selalu Jadi Pilihan Transportasi ke Pulau Kemaro Rayakan Cap Go Meh

BACA JUGA:Wow! Banjir Buah Duku di Kawasan Bawah Jembatan Ampera 7 Ulu Palembang

Ikan Channa yang memenangkan kontes bisa bernilai jutaan hingga puluhan juta Rupiah. Para penggemar ikan hias kini mulai banyak yang memelihara ikan Channa dan mengikuti kontes di berbagai wilayah, termasuk di Palembang ini.


Sriwijaya Channa Contest digelar oleh komunitas pecinta ikan Channa di Kota Palembang dan diikuti peserta dari berbagai kota di Indonesia.-Apriyanto-PALTV

“Kalau untuk menang kontes itu macam-macam, bisa jutaan sampai puluhan juta Rupiah,” terang Yuspik.

Kontes ikhan Channa untuk pertama kalinya yang digelar komunitas ini, diharapkan ke depan akan lebih banyak lagi digelar. Sehingga, para penggemar ikan Channa khususnya di Kota Palembang akan terus bertambah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv