Sekolahkan 3 Anak dari Hasil Hidroponik

Sekolahkan 3 Anak dari Hasil Hidroponik

Anak-anak sejak usia pra sekolah dikenalkan pada tanaman hidroponik.-Benny Firdaus-PALTV

PRABUMULIH, PALTV.CO.ID - Seorang warga PRABUMULIH nekat banting setir dari karyawan swasta menjadi seorang petani hidroponik.

Dari usaha yang digelutinya selama hampir tujuh tahun, pria satu ini mampu membiayai pendidikan tiga anaknya, bahkan satu hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Tidak banyak orang melihat celah dari peluang bertanam hidroponik. Namun Mahmud Suyitno, warga Jalan Matahari Padat Karya Kelurahan Gunung Ibul Kota Prabumulih ini, berhasil meraup keuntungan dari berkebun hidroponik, usaha yang sudah digelutinya sekitar tujuh tahun, sejak dirinya memutuskan untuk berhenti dari perusahaan tempatnya bekerja.

Pria berumur 46 tahun ini menceritakan, awalnya dia berkebun hidroponik dengan modal  kotak buah bekas. Waktu demi waktu dijalani hingga kebun hidroponik miliknya menjadi luas sampai dua ratus meter persegi.

BACA JUGA:Raup Cuan dari Budi Daya Tanaman Karnivora

BACA JUGA:Bandara SMB II akan Kembali Melayani Penerbangan Umroh


Mahmud Suyitno sukses berkebun hidroponik di Kota Prabumulih.-Benny Firdaus-PALTV

Saat ini Mahmud baru fokus menanam tiga jenis sayuran, yang memiliki nilai jual dengan perputaran uang yang cepat seperti sayur pakcoy, selada lalap dan caisin.

Pria kelahiran Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur ini mengaku lebih memilih langsung menjual dan tidak menyuplai ke pasar. Namun demikian, kebun hidroponik yang diberi nama Oase Farm sudah memiliki pelanggan tetap. Mulai dari restoran, warung pecel lele, hingga pedagang bakso mie ayam.

“Awalnya saya hobi dengan tanaman. Dulu bekerja di perusahaan lalu saya resign. Saya hobi dengan tanaman, akhir cari informasi dan tertarik dengan hidroponik. Pertimbangannya, kita bertani tapi bersih tidak harus mencangkul. Pertanian yang bersih dan modern, begitu,” terang Mahmud.

Berkat keuletan dan kesabaran mengolah kebun hidroponik, Mahmud Suyitno saat ini sudah bisa menikmati hasilnya. Dalam sehari bisa meraup omset Rp250 ribu. Meski hanya seorang petani, Mahmud mampu menghidupi keluarga. Bahkan, Mahmud mampu membiayai pendidikan tiga orang anaknya.

BACA JUGA:5 Tips Cara Menjadi Orang Kaya

BACA JUGA:Video: Atap Nipah Gasing Banyak Diminati


Oase Farm, perkebunan hidroponik yang dirintis Mahmud Suyitno sejak tujuh tahun silam.-Benny Firdaus-PALTV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv