Untuk Kamu yang Hobi ngopi, Coba 3 Kopi Unik di Indonesia ini!

Untuk Kamu yang Hobi ngopi, Coba 3 Kopi Unik  di Indonesia ini!

Cita rasa kopi Indonesia--https___images.app.goo.gl_tiQiMLTnYJiWijrp6

 

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Indonesia merupakan negara yang kaya akan alam maupun makhluk hidup, salah satu contoh kekayaan alam yang sangat berkembang pesat di Indonesia ialah kopi. Pada awalnya, kopi dibawa oleh para penjajah belanda, kopi yang dibawa adalah kopi jenis arabika yaitu Malabar yang berasal dari negara india, lalu setelah 10 tahun melalui proses budidaya dan berhasil, belanda lalu mengganti pengunaan kopi jenis arabika menjadi kopi berjenis robusta.

Namun, muncullah penyakit karat daun atau hemileia vastatrix(HIV) menyerang dan merusak perkebunan di Indonesia, untuk bangkit dari kerusakan ini belanda mencoba mengganti jenis kopi menjadi liberika tetapi tetap saja terserang penyakit karat daun. Akhirnya jenis kopi robusta yang tahan dari penyakit karat dan dipertahankan hingga sekarang. Jadi, kali ini kita akan membahas 3 kopi unik yang ada di Indonesia. 

 

KOPI JOSS (YOGYAKARTA)

Kopi joss adalah kopi tradisional yang berasal dari daerah istimewa Yogyakarta, kopi ini sangat special dikarenakan menggunakan arang pada proses pembuatan dan penyajiannya, bukannya dimasak dengan arang, kopi ini disajikan dengan cara arang dimasukkan ke dalam secangkir kopi hitam.

BACA JUGA:Yang Tidak Suka Kopi Wajib Dicoba, Ternyata ini Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari Bagi Tubuh,

BACA JUGA:Filosofi Kopi Hitam Tentang Kehidupan, Cocok Banget Jadi Caption Sosmed!

Joss dinamakan dari suara saat arang dimasukkan kedalam secangkir yang berisi kopi hitam, harga kopi ini berkisar harga 5 ribuan saja per-cangkir. Salah satu pelopor kopi joss ini ialah angkringan kopi joss Lik Man yang sudah terkenal sejak tahun 1968. Tak heran bila angkringan ini sangat terkenal oleh para wisatawan dikarenakan lokasi angkringan tersebut berdekatan dengan stasiun Yogyakarta.

2. KOPI TALUA (PADANG)

Kopi talua adalah minuman yang disajikkan dengan talua(telur) sebagai komponen utamanya, selain telur komponen lainnya yaitu susu kental manis dan bubuk kayu manis ditambahkan ke dalam kopi ini agar lebih nikmat saat di minum oleh para konsumen.

Kopi ini dipercaya menghasilkan banyak manfaat bagi penduduk setempat yaitu salah satu contoh khasiatnya adalah menambah tenaga dan vitalitas bagi kaum pria namun hal ini adalah kepercayaan masyarakat saja. Tidak lupa juga kopi talua ini sangat digemari masyarakat kaum menengah ke bawah hingga ke atas dikarenakan rasa yang nikmat bila di minum di pagi hari dan di temani roti.


3 keunikan kopi Nusantara--https___images.app.goo.gl_4rjGF66k4tLhLGbp6

BACA JUGA:Manfaat & Kenikmatan dalam Setiap Tegukan Kopi

BACA JUGA:Pemuda Inovatif, Iyan Muhazan Membawa Konsep Unik Menikmati Kopi ke Dalam Pasar 16 Ilir Palembang

3. KOPI TABALEK/KUPI KHOP (ACEH)


Keunikan Kopi Nusantara--https___images.app.goo.gl_B8NNmH6YYpPCnv1J6

Kopi tabalek atau kupi khop adalah kopi yang berasal dari kota Aceh, sesuai Namanya kopi ini di sajikan dengan posisi cangkir terbalik dan cara meminumnya ialah dengan cara menyeruput melalui tatakan gelas dengan pelan-pelan.

Mengapa disajikan dengan posisi terbalik? Dikarenakan wilayah aceh adalah wilayah pesisir maka yang dominan meminum kopi tabalek ini adalah para nelayan yang sedang mencari ikan dan harus menjeda meminum kopi tersebut agar tetap hangat. Maka dari itulah kopi ini dibalik oleh para nelayan pada kala itu dan diteruskan sampai sekarang sampai menjadi salah satu minuman khas kota Aceh.

Jadi, itulah salah satu 3 kopi unik yang berada di Indonesia, sebenarnya masih banyak lagi kopi-kopi unik di Indonesia, artikel ini hanya saran saja bagi para pembacanya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber