Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Raih Tanda Kehormatan Tertinggi Satyalancana Wira Karya Tahun 2023

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Raih Tanda Kehormatan Tertinggi Satyalancana Wira Karya Tahun 2023

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.--Media Center BKKBN

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Penghargaan ini merupakan Penghargaan tertinggi di bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, pada hari Kamis (06/07/2023).

Keputusan Presiden RI Nomor 44/TK/Tahun 2023 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya, yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 3 Juli 2023, memuat pemberian penghargaan tertinggi kepada Ganjar Pranowo.

Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya diberikan kepada kepala daerah yang memberikan kontribusi besar bagi negara dan bangsa Indonesia, serta menjadi contoh yang baik bagi orang lain.

BACA JUGA:Spidometer Digita Tampak Tampil Keren, Tapi Ada Kelebihan dan Kekurangan yang Teridentifikasi.

BACA JUGA:Dinas PPPA OKU Gelar Pelatihan dan Advokasi Pemenuhan Hak Anak 2023

Penganugerahan tanda kehormatan ini juga memiliki peran penting dalam memupuk rasa bangga, sikap teladan, semangat perjuangan, dan motivasi untuk meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Ganjar Pranowo telah berhasil secara signifikan menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). Melalui program "Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng," Ganjar Pranowo secara aktif menginisiasi sistem pencatatan dan pelaporan ibu hamil.

Bagi Ganjar Pranowo, konsep "nginceng" tidak hanya terbatas pada pengamatan, tetapi juga melibatkan pendampingan, pengawalan, dan pemantauan ibu hamil, serta upaya pencatatan dan pelaporan.

Menurut Ganjar Pranowo, upaya ini tidak dapat dipisahkan dari komunikasi antara ibu hamil dengan tenaga kesehatan, maupun antara tenaga kesehatan dengan fasilitas kesehatan. Hal ini merupakan solusi terhadap masalah utama angka kematian ibu dan angka kematian bayi.

BACA JUGA:Viral! Mobil Memasuki Jalur Motor di Jembatan Suramadu, Menimbulkan Reaksi Warganet

BACA JUGA:Twitter Punya Saingan, Threads dari Instagram Jadi Saingan Baru

Program-program seperti Jo Kawin Bocah, Ceting Ketan, "Serat Kartini" Sekolah Cerdas Perempuan Masa Kini, dan Desa Sejahtera, yang bekerja sama dengan Mitra Kerja, telah berhasil menurunkan prevalensi stunting, meningkatkan kualitas hidup, dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jawa Tengah. Keberhasilan ini juga turut membantu Ganjar Pranowo meraih penghargaan tertinggi.

Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa program "Jo Kawin Bocah" merupakan gerakan massal untuk mencegah pernikahan usia anak dengan menggerakkan semua sumber daya yang berfokus pada remaja melalui pembentukan dan penggerakan role model sebaya, seperti forum anak dan forum generasi remaja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber