Lepas Konvoi Mupen, BKKBN Optimis Target Penurunan Stunting 14 Persen pada 2024 Tercapai

Lepas Konvoi Mupen, BKKBN Optimis Target Penurunan Stunting 14 Persen pada 2024 Tercapai

BKKBN melepas puluhan kendaraan peserta Temu Mobil Unit Penerangan se-Jawa-Sumatera (Temu Mupen Jawara) dari halaman kantor BKKB Pusat di Jakarta, Senin (3/7/2023).--Dokumentasi BKKBN

"Sebanyak 16 Kabupaten dan kota di Sumsel telah turun prevalensinya, hanya Kabupaten Banyuasin  justru naik dari 22 persen pada 2021 menjadi 24 persen tahun 2022," ungkap dr. Hasto.

Penurunan stunting di Kabupaten Banyuasin menurut Hasto bukan hal yang mudah. Persoalannya beberapa wilayah Banyuasin tidak terhubung dengan transportasi darat dan jauh dari ibukota Kabupaten.

BACA JUGA:Ini Resiko Matikan Motor Matic dengan Standar Samping

Salah satu rangkaian Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXX Tahun 2023 yang digelar BKKBN pada 6 Juli 2023 di Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan ini adalah kegiatan Temu Jawara. Sedangkan Harganas sendiri diperingati setiap tahun pada tanggal 29 Juni.

Total jarak yang akan ditempuh dari Jakarta hingga Palembang sekitar 532 Kilomter dengan waktu tempuh 3 (tiga) hari. Rencananya, para peserta akan tiba di Kota Palembang pada hari Rabu tanggal 5 Juli 2023.

Selain untuk memeriahkan Hari Keluarga Nasional, Mupen On The Road dimaksudkan juga sebagai Upaya penggerakan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) dan KB Program Bangga Kencana. Untuk menjangkau daerah terpencil yang tak dapat dilalui mobil biasa, Mupen BKKBN ini sangat strategis fungsinya, terutama untuk percepatan penurunan stunting.

Selanjutnya akan bergabung juga Mupen BKKBN Perwakilan Banten, Lampung dan Sumatera Selatan di perbatasan masing-masing Provinsi atau di titik lokasi pelayanan. Pelayanan dan Baksos yang dilakukan berupa pelayanan KB, pemberian bantuan kepada keluarga beresiko Stunting dan ibu hamil, khitanan massal, donor darah, dan pap smear. Selain itu, Gelar Dagang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) diadakan pula di setiap pemberhentian.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bkkbn