Ngeri, Bahaya Kurang Tidur Karena Selalu menghabiskan Waktu di depan layar Gadget

Ngeri,  Bahaya Kurang Tidur Karena Selalu menghabiskan Waktu di depan layar Gadget

Dampak Main Gadget --koleksi pribadi@ Johanes

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tidur yang cukup merupakan kebutuhan penting bagi kesehatan dan kinerja seseorang. Sayangnya, dalam gaya hidup modern yang sibuk, banyak orang mengorbankan waktu Tidur mereka demi menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari atau menghabiskan waktu di depan layar gadget.

Kurang tidur secara teratur dapat memiliki dampak serius pada kesehatan fisik dan mental seseorang, serta mempengaruhi kinerja mereka dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi akibat buruk yang muncul akibat kurang tidur.

1. Gangguan Kesehatan Fisik.

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan fisik. Sistem kekebalan tubuh melemah, meningkatkan kemungkinan terkena infeksi, seperti pilek dan flu. Risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas juga dapat meningkat. Kurang tidur juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kecelakaan lalu lintas, karena kemampuan konsentrasi dan reaksi yang terganggu.

BACA JUGA:Bahaya Penggunaan Handphone bagi Anak-Anak, Perhatikan Dampak Negatif yang Mungkin Terjadi

BACA JUGA:Ternyata Gadget Bukan Cuma Handphone Loh! Ini Penjelasan Lengkapnya

2. Gangguan Kesehatan Mental

Kurang tidur dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan mental seseorang. Kondisi seperti kecemasan, depresi, dan stres kronis dapat menjadi lebih parah akibat kurang tidur. Kurang tidur juga dikaitkan dengan gangguan suasana hati, penurunan kemampuan mengatur emosi, dan peningkatan risiko gangguan mental seperti gangguan bipolar dan skizofrenia.

3. Gangguan Kognitif

Tidur yang tidak mencukupi juga dapat mempengaruhi fungsi kognitif seseorang. Pikiran menjadi kabur, konsentrasi menurun, dan kemampuan pengambilan keputusan menurun. Belajar dan mengingat informasi juga menjadi lebih sulit. Kurang tidur dapat menghambat kemampuan berpikir kritis dan kreativitas, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kinerja akademik atau profesional seseorang.

BACA JUGA:Ini Resiko Matikan Motor Matic dengan Standar Samping

BACA JUGA:Cek Fakta Mengenai Video Viral Polisi Sragen Gagal Tes Zig-zag dalam Ujian SIM

4. Penurunan Kinerja dan Produktivitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber