7 Manfaat Teh hangat untuk kesehatan

7 Manfaat Teh hangat untuk kesehatan

minum teh panas memberikan efek yang baik bagi kesehatan--pixabay.com/@congerdesign

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Teh panas/teh hangat telah menjadi minuman populer di seluruh dunia selama berabad-abad. Minum Teh panas tidak hanya nikmat dan menyegarkan, tapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang sudah terbukti. Pada artikel kali ini, kita akan membahas manfaat Teh panas untuk kesehatan kita.

1. Kaya Sumber Antioksidan

Teh panas, terutama teh hijau, mengandung antioksidan tinggi seperti polifenol. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung. Konsumsi teh panas secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh kita.

2. Menjaga kesehatan jantung

BACA JUGA:Puasa Arafah: Keutamaan dan Manfaatnya dalam Islam

BACA JUGA:Menikah Seumuran, Bisa Asyik Tapi Tetap Berisiko Bentrok

Penelitian menunjukkan bahwa minum teh panas secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung. Teh panas mengandung senyawa flavonoid yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara mengurangi peradangan, meningkatkan aliran darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

3. Meningkatkan aktivitas otak

Kandungan kafein dalam teh panas dapat membantu meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan daya ingat. Selain itu, teh panas juga mengandung asam amino L-theanine yang dapat meningkatkan produksi gelombang otak yang menenangkan dan membantu mengurangi stres serta memperbaiki suasana hati. Minum teh panas secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kinerja kognitif.

4. Menurunkan risiko diabetes

BACA JUGA: Jangan Panik, Ini Tips Mengelola Utang dan Membayar Hutang dengan Cepat

BACA JUGA:Kesehatan Mental dan Kesejahteraan di Era Digital

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum teh panas, terutama teh hijau, dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Teh panas membantu mengatur gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol penyerapan gula dalam tubuh. Namun, perlu diingat bahwa menambahkan gula ke dalam teh dapat meniadakan manfaat tersebut. Karena itu, lebih baik minum teh panas tanpa menambahkan gula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber