7 Kekurangan Ninja ZX-25R, Si Gahar Empat Silinder yang Tak Luput dari Cela

7 Kekurangan Ninja ZX-25R, Si Gahar Empat Silinder yang Tak Luput dari Cela

Ninja ZX-25R? Motor sport 250cc empat silinder ini memang jadi primadona di kalangan pecinta roda dua. -- Sumber Foto: Instagram@one3motoshop

Nah, ini yang sering dikeluhkan pengguna. Karena mesinnya 4 silinder dan performa tinggi, suhu mesin relatif cepat naik, terutama saat dipakai di kondisi macet atau kecepatan rendah.

Kalau kamu sering riding di dalam kota yang padat, siap-siap saja merasakan hawa panas menyerbu betis. Tapi ya wajar sih, motor sport fairing 4 silinder mana yang nggak panas?

4. Jaringan 3S Kurang Merata

Kalau dibandingkan dengan Honda atau Yamaha, ketersediaan dealer dan layanan purna jual Kawasaki masih terasa kurang merata, apalagi di daerah-daerah. Buat kamu yang tinggal di kota kecil, bisa jadi harus menempuh perjalanan jauh untuk servis resmi atau mencari suku cadang.

Jadi, selain siap duit, kamu juga harus siap tenaga dan waktu ekstra kalau ada kendala teknis.

5. Bobot Motor Bikin Pegal

Dengan berat sekitar 180 kg, Ninja ZX-25R bisa terasa cukup berat, apalagi buat pengendara dengan postur tubuh mungil. Saat harus bermanuver pelan di kemacetan atau melewati jalan berlubang, motor ini bisa bikin kamu ngos-ngosan.


Kawasaki Ninja ZX-25R desain sporty bak motor balap, serta segudang fitur canggih menjadikannya incaran banyak biker--Sumber Foto: Instagram@one3motoshop

Belum lagi saat harus dorong-dorong atau parkir mundur. Untuk yang belum terbiasa dengan motor berat, butuh adaptasi dan tenaga ekstra.

6. Torsi Terasa Kurang Galak

Di atas kertas, torsinya ada di angka 22,9 Nm pada 14.500 rpm — bukan angka yang kecil untuk motor 250cc. Tapi karena bobot motor juga berat, banyak rider yang merasa tarikan bawahnya agak kurang nampol.

Kesan lemot ini memang nggak muncul di putaran tinggi, tapi buat harian di dalam kota, respons awal mesin ini bisa terasa kurang agresif dibanding rival 2 silinder dengan bobot lebih ringan.

7. Ban Standar Kurang Gigit Buat Cornering Ekstrem

Ban bawaan sebenarnya sudah cukup oke untuk pemakaian harian. Tapi buat kamu yang hobi nikung tajam atau sering gas pol di tikungan, ban standar ini terasa kurang maksimal dalam hal grip.

Banyak pengguna yang akhirnya mengganti ke ban premium yang lebih cocok untuk cornering ekstrem demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

Motor Idaman, Tapi Perlu Dipertimbangkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber