Ini Alasan Pengajuan Kredit Anda Sering Ditolak Oleh Pemberi Pinjaman

Ini Alasan Pengajuan Kredit Anda Sering Ditolak Oleh Pemberi Pinjaman

Pastikan Anda mengetahui syarat-syarat agar pengajuan kredit tidak ditolak.--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Meminjam uang di Bank atau lembaga peminjam, biasanya ada dua hasil. Pengajuan pinjaman kredit di terima atau ditolak. Jadi tidak semua pengajuan kredit bisa berjalan lancar dan dikabulkan oleh pemberi pinjaman.

Tidak hanya bentuk uang, kredit dalam bentuk barangpun harus diajukan terlebih dahulu. Melalui proses adminitrasi. Semakin berkembangnya ekonomi pasti juga mempengaruhi perubahan pada jenis kebutuhan manusia.

Namun tidak semua kebutuhan bisa di dapatkan dengan cara mudah. Saat ini, cara mendapatkan barang-barang kebutuhan ini bisa diperoleh dengan cara mudah, melalui pembelian sistem kredit. 

Ada beberapa alasan umum mengapa pengajuan kredit dapat ditolak oleh pemberi kredit. Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi keputusan mereka:

BACA JUGA:Komisi II DPRD Palembang Akan Panggil PD Pasar Soal Penggusuran PKL di Pasar 16 Ilir

BACA JUGA:Pasar 16 Ilir di Palembang Sumatera Selatan Menyimpan Cerita Kuno

1. Riwayat Kredit Buruk: Jika Anda memiliki riwayat kredit yang buruk, seperti keterlambatan pembayaran, pengajuan kebangkrutan, atau jumlah utang yang tinggi, pemberi kredit mungkin ragu untuk memberikan kredit kepada Anda.

Pemberi kredit biasanya melakuakn BI Checking atau sekarang pemberi kredit melakukan pemeriksaan riwayat transaksi kredit di SLIK OJK. Biasanya data ini rahasia dan hanya bisa diakses oleh Perbankan BI.

Dari SLIK OJK ini terdapat sejumlah informasi mengenai riwayat tentang pinjaman atau kredit calon nasabah. Riwayat kredit yang buruk tentu menjadi pertimbangan bagi pemberi pinjaman kredit untuk menyetujui pengajuan kredit anda. 

2. Kapasitas Pembayaran yang Rendah: Pemberi kredit akan mengevaluasi kemampuan Anda untuk membayar kembali kredit. Jika penghasilan Anda tidak mencukupi atau rasio utang terhadap penghasilan Anda terlalu tinggi, pemberi kredit mungkin menolak pengajuan Anda. Jadi biasanya pinjaman harus dibawah 30 persen dari gaji untuk membayar kredit.

BACA JUGA:Pasar 16 Ilir Palembang Mengalami Revitalisasi, Tempat Ngopi Kaum Milenial Kemungkinan Akan Bergeser

BACA JUGA:Gedung Pasar 16 Ilir Kumuh dan Bermasalah, Padahal Ikon Kota Palembang!

Kalau lebih dari situ, pinjaman biasanya di tolak. Sebab tidak mungkin orang harus membayar cicilan separuh dari gaji atau penghasilannya. Ini sangat tidak dibolehkan, mengingat kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

3. Ketidaksesuaian Persyaratan: Setiap pemberi kredit memiliki persyaratan kredit yang berbeda. Jika Anda tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemberi kredit, misalnya memiliki usia yang belum cukup, tidak memiliki pekerjaan tetap, atau tidak memiliki jaminan yang diperlukan, pengajuan kredit Anda dapat ditolak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber