Pemerintah dan Muhammadiyah Berbeda Tetapkan Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah

Pemerintah dan Muhammadiyah Berbeda Tetapkan Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah

Ilustrasi pemantauan hilal untuk menentukan pergantian bulan dalam sistem kalender Hijriah.-Devi Setiawan (Cek Dev)-PALTV

JAKARTA, PALTV.CO.ID - Penentuan 10 Zulhijah 1444 Hijriah atau Hari Raya Iduladha pada tahun ini alami perbedaan antara Pemerintah dan Muhammadiyah.

Di mana dalam sidang isbat yang berlangsung pada Minggu sore, 18 Juni 2023, Pemerintah menetapkan Hari Raya Iduladha jatuh pada tanggal 29 Juni 2023 atau pada hari Kamis.

Sementara itu, Muhammadiyah memutuskan bahwa Hari Raya Iduladha jatuh pada tanggal 28 Juni 2023 atau pada hari Rabu.

Adanya perbedaan ini sendiri disebabkan karena saat Pemerintah melakukan pemantauan hilal di sejumlah titik, seperti Bandung, Semarang dan Bandung hilal tidak terlihat.

Sementara itu, Muhammadiyah sendiri telah memutuskan jatuhnya 10 Zulhijah 1444 Hijriyah atau Hari Raya Idul Adha, berdasarkan hasil hisab yang dilakukan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang dikutip pada 25 Mei 2023.

BACA JUGA:Mucikari Perdagangan Perempuan Terpedaya, Dikira Lelaki 'Hidung Belang' Eh Ternyata Polisi Nyamar

BACA JUGA:Wah! Setahun 20 ASN di Prabumulih Ajukan Cerai, Penyebabnya Bikin Nyesek

Dengan adanya perbedaan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1444 Hijriyah, Wakil Menteri Agama RI Dr H Zainut Tauhid Sa'adi MSi menyampaikan untuk saling menghargai, menunjukkan toleransi dan tidak menunjukkan sikap yang saling membenci.

Sementara itu, Ashabul Kahfi perwakilan dari DPR RI yang merupakan pimpinan Komisi VIII menyampaikan "seluruh pandangan dan pendapat telah disampaikan dengan sungguh-sungguh, dengan pandangan dan pendapat keilmuan."

"Perbedaan Hari Raya Idul Adha ini tidak boleh memecah belah bangsa dan negara Indonesia, jika ada yang ingin bertanya bisa langsung menanyakan ke ormas-ormas agama Islam," terang Wakil Rakyat dari Sulawesi Selatan, Ashabul Kahfi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber