Bawaslu Palembang Ajak Masyarakat Turut Awasi Pilkada Serentak 2024

Bawaslu Palembang Ajak Masyarakat Turut Awasi Pilkada Serentak 2024

Bawaslu Palembang ajak masyarakat turut mengawasi tahapan Pilkada Serentak 2024, Jumat (11/10/2024).-Ekky Saputra-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bawaslu Kota Palembang mengajak masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan, khususnya pada tahapan kampanye Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Palembang.

Bawaslu Palembang minta masyarakat melapor jika ditemukan adanya dugaan pelanggaran dalam tahapan Pilkada di Kota Palembang yang dilakukan Paslon, Penyelenggara Pemilu hingga pelanggaran netralitas yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Dalam tahapan kampanye, kami mengajak masyarakat Kota Palembang berpartisipasi untuk mengawasi. Bila ada temuan dilaporkan ke kami," ucap Ketua Bawaslu Palembang Khairil Anwar Simatupang pada hari Jumat, 11 Oktober 2024.

Khairil Anwar Simatupang mengatakan, hingga saat ini Bawaslu Palembang telah menerima enam laporan informasi awal dugaan pelanggaran. Mulai dari pelanggaran netralitas hingga gugatan sengketa proses.

BACA JUGA:Bawaslu Banyuasin Belum Temukan Kecurangan dari Kedua Paslon Bupati-Wakil Bupati

BACA JUGA:Masa Kampanye Pilkada Serentak 2024, Sejumlah Percetakan di Palembang Kebanjiran Pesanan


Khairil Anwar Simatupang, Ketua Bawaslu Palembang, Jumat (11/10/2024).-Ekky Saputra-PALTV

Namun berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan Bawaslu Palembang, sambung Khairil Anwar Simatupang, dugaan pelanggaran yang masuk tidak memenuhi syarat formil maupun materiil, sehingga tidak dapat diproses.

"Laporan yang masuk terkait netralitas, gugatan sengketa proses. Namun yang paling banyak terkait netralitas. Tapi dari semua laporan tidak ada yang di-registrasi, karena syarat formil maupun materiil tidak terpenuhi," ungkap Khairil Anwar Simatupang, Ketua Bawaslu Palembang.

Khairil Nnwar Simatupang mengimbau kepada setiap Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota Palembang serta tim kemenangan, untuk selalu menaati aturan dalam tahapan kampanye Pilkada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv