Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Mendapatkan Status WNI

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Mendapatkan Status WNI

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Mendapatkan Status Warga Negara Indonesia (WNI)--Foto : ig@timnasindonesia

Proses ini diakhiri dengan terbitnya Keputusan Presiden yang memungkinkan Mees dan Eliano resmi menjadi Warga Negara Indonesia.

Erick Thohir menegaskan bahwa percepatan pengurusan kewarganegaraan di luar negeri ini bukanlah sesuatu yang istimewa, melainkan langkah praktis yang diambil karena kebutuhan mendesak Timnas Indonesia. 

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, mulai dari Presiden Jokowi, Komisi III dan X DPR, Dirjen AHU dan Dirjen Imigrasi, serta Dukcapil DKI Jakarta, yang telah memungkinkan percepatan sumpah WNI bagi kedua pemain naturalisasi kita, Mees dan Eliano," ungkap Erick di Jakarta dalam pernyataan resmi dari PSSI.

BACA JUGA:11 Makanan yang Efektif dan Aman untuk Menurunkan Asam Urat

BACA JUGA:3 Commander Wish Kapolda Sumsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi untuk Anggota, Salah Satunya Kerja Ikhlas

Terkait pelaksanaan pengambilan sumpah yang dilakukan di Brussel, Erick menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan karena kedua pemain tidak memiliki cukup waktu jika harus menjalani prosesi di Indonesia.

PSSI berharap keduanya bisa segera bergabung dengan Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Bahrain dan Cina.

Menurut Erick, ini merupakan hasil kerja sama berbagai pihak yang memiliki tujuan bersama untuk kepentingan Indonesia.

Sebelumnya, PSSI telah bergerak cepat mengurus proses naturalisasi Mees dan Eliano. Setelah Komisi III dan VI DPR menyelesaikan pembahasan dan memberikan persetujuan pada 26 September, Erick Thohir bertemu dengan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, untuk membahas pengambilan sumpah WNI di luar negeri.

BACA JUGA:Disbunak Banyuasin Vaksinasi Rabies Gratis Puluhan Hewan Peliharaan

BACA JUGA:Ini Kekayaan Mark Zuckerberg, Berikut Ceritanya

Proses tersebut akhirnya berujung pada terbitnya Keputusan Presiden yang memungkinkan Mees dan Eliano untuk diambil sumpahnya sebagai Warga Negara Indonesia.

Proses pengambilan sumpah dihadiri oleh Dirjen AHU Kemenkumham, Cahyo Rahadian Muzhar, Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, serta anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

Erick Thohir berharap bahwa dukungan maksimal yang telah diberikan akan memperkuat Timnas Indonesia dalam dua pertandingan tandang penting melawan Bahrain dan Cina. Mantan Presiden Inter Milan ini juga optimistis bahwa kehadiran Mees dan Eliano akan memberikan variasi strategi baru bagi pelatih Shin Tae-yong. 

Eliano Reijnders saat ini bermain sebagai gelandang untuk PEC Zwolle di liga Belanda Eredivisie. Ia merupakan adik kandung Tijjani Reijnders, gelandang AC Milan dan Timnas Belanda, dan memiliki darah Indonesia dari ibunya, Angelina Syane Lekatompessy, yang berasal dari Ambon dan lahir di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber