Waspadalah dengan Ujub! Salah Satu Sifat Tercela yang Sangat Berbahaya dalam Pandangan Islam

Waspadalah dengan Ujub! Salah Satu Sifat Tercela yang Sangat Berbahaya dalam Pandangan Islam

Dalam pandangan Islam, ujub adalah salah satu sifat tercela yang sangat berbahaya dan harus diwaspadai.--freepik.com/@yanalya

"Tiga perkara yang membinasakan (merusak), rasa pelit yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dan ujubnya seseorang terhadap diri sendiri." (HR. at-Thabrani) 

Mengutip pernyataan Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah ceramahnya di kanal YouTube Lentera Islam, beliau mengatakan bahwa sifat ujub dapat menjerumuskan seorang muslim dalam dosa besar. 

Menurut Ustadz Khalid Basalamah, sifat ujub merupakan tangga yang bisa mengantarkan seorang Muslim kepada sikap sombong.

BACA JUGA: Makna dan Keutamaan Mengusap Kepala Anak Yatim pada 10 Muharram dalam Hadis Rasulullah SAW

BACA JUGA:'Tabuik' Perayaan Muharram dengan Prosesi Unik di Sumatera Barat

“Pada dasarnya, tingkatan sifat ujub ini sebenarnya masih berada di bawah sikap sombong, tetapi sifat ini termasuk dalam kategori dosa besar. Sombong terjadi ketika seseorang menolak kebenaran dan meremehkan orang lain, sementara ujub terbatas hanya pada rasa bangga terhadap dirinya sendiri, sehingga seolah-olah hanya dirinya yang memiliki kelebihan,” ujar Ustadz Khalid Basalamah.


Sifat ujub merupakan tangga yang bisa mengantarkan seorang muslim kepada sikap sombong.--freepik.com/@jcomp

Ujub Dapat Membuat Amal Ibadah Jadi Sia-sia

Allah SWT tidak menyukai hamba-Nya yang suka membanggakan diri sendiri, bersikap angkuh, sombong serta meremehkan orang lain. Sebagaimana hal ini tercantum dalam Surat Luqman ayat 18 yang artinya:

"Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri." (QS. Luqman: 18)

BACA JUGA:Memaknai Hadis Rasulullah Tentang Keutamaan Puasa Asyura dan Tasua

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Keutamaan Bulan Muharram serta Amalan-amalan Sunnah yang Dianjurkan

Sifat ujub harus dihindari oleh seorang muslim, karena sifat tercela ini merupakan sifat yang dibenci Allah SWT. Orang-orang yang memiliki sifat ujub di dalam dirinya akan membuat amal ibadahnya sia-sia belaka. 

Tidak hanya itu, ketika seseorang memiliki sifat ujub, maka akan secara tidak sadar dirinya memiliki sifat takabur maupun sombong.

Sifat inilah yang membuat seseorang tidak akan masuk surganya Allah SWT. Sebagaimana rasulullah SAW bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber