Muslim Harus Tahu! Ini Keutamaan Bulan Muharram serta Amalan-amalan Sunnah yang Dianjurkan

Muslim Harus Tahu! Ini Keutamaan Bulan Muharram serta Amalan-amalan Sunnah yang Dianjurkan

Muharram merupakan salah satu bulan mulia dalam Islam.--Foto : freepik@sketchepedia

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tidak terasa kita sudah berada di bulan Muharram 1446 Hijriah. Yang mana pada bulan ini terdapat berbagai keutamaannya dan amalan-amalan yang dianjurkan, yang jika diamalkan tentu akan mendapat pahala yang sungguh luar biasa.

Muharram merupakan salah satu bulan mulia dalam Islam. Bulan Muharram sendiri merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriah, yang dimaknai oleh umat Muslim sebagai Tahun Baru Islam.

Bulan pertama pada kalender Hijriyah ini juga menjadi salah satu bulan mulia diantara 4 bulan lainya, yaitu bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Rajab.

Pada bulan Muharram juga terdapat peristiwa bersejarah umat islam yaitu hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke Madinah pada 622 Masehi, yang menjadi awal mula ditetapkannya 1 Muharam.

BACA JUGA:Keistimewaan Bulan Muharram dalam Pandangan Islam: Peristiwa Penting dan Makna Spiritual 

Pada bulan Muharram, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan soleh. Seperti puasa, bersedekah,menyantuni anak yatim, berdzikir, membaca Al-Quran, dan lain sebagainya.

Semua amalan tersebut dilakukan supaya dapat memperoleh keutamaan bulan Muharram yang telah dijanjikan oleh Allah SWT. Untuk itu, penting bagi setiap Muslim mengetahui keutamaan dari bulan Muharram agar semakin termotivasi dalam memperbanyak ibadah di bulan suci ini.

Dirangkum paltv.disway.id dari berbagai sumber, berikut beberapa keutamaan bulan Muharram yang diyakini akan diperoleh umat Islam apabila mengerjakan amalan-amalan yang dianjurkan pada bulan tersebut.

BACA JUGA:8 Berkah Bulan Muharram yang Bisa Memperbaiki Diri Anda

 
peristiwa bersejarah umat islam yaitu hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke Madinah pada 622 Masehi--Foto : [email protected]

 

Melebur Dosa Dengan Puasa Asyura

Puasa sunah di bulan Muharam sangat dianjurkan, sebagaimana Rasulullah saw bersabda,

"Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa bulan Muharram dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam," (HR Muslim).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber