Audi A6 E-Tron: Kembali ke Akar dengan Penggerak Roda Belakang

Audi A6 E-Tron: Kembali ke Akar dengan Penggerak Roda Belakang

Audi A6 E-Tron: Kembali ke Akar dengan Penggerak Roda Belakang--layar motor1.com

Masuknya A6 E-Tron sebagai sedan listrik sepenuhnya mengubah banyak aspek desain dan teknis. Mobil ini didesain dengan platform yang dikembangkan bersama Porsche, yang membuatnya memiliki faktor aerodinamis yang sangat baik, yakni 0,21 Cd untuk model Sportback.

BACA JUGA:Pentingnya Menurunkan Motor Saat Mengisi BBM: Keamanan dan Kesehatan di SPBU

Desainnya yang ramping dan modern, dengan gril yang rata dan duct yang hanya terbuka saat dibutuhkan, serta air curtains yang mengarahkan aliran udara di sekitar bumper depan, memberikan efisiensi aerodinamika yang optimal.

Perbedaan desain antara model Sportback dan Avant cukup signifikan dalam hal profil aerodinamis. Avant memiliki faktor aerodinamis 0,24 Cd, sedikit lebih besar karena bentuknya yang panjang.

Audi bahkan memasang fence pada diffuser Avant untuk menyeimbangkan aerodinamika, yang sedikit mengurangi efisiensi namun masih memberikan jangkauan sekitar 447 mil dengan baterai 100 kWh. Sedangkan Sportback dapat mencapai hingga 466 mil.

Interior dan Teknologi

BACA JUGA:Hyundai Kona Electric Menjadi Armada Taksi Baru Bluebird di Ibu Kota Nusantara

Di dalam, A6 E-Tron menawarkan kenyamanan dan teknologi mutakhir dengan lima layar untuk dipilih pengemudi dan penumpang. Selain dua layar untuk 'cermin' virtual, terdapat layar instrumen 11,9 inci untuk pengemudi, layar pusat widescreen 14,5 inci, dan layar 10,9 inci untuk penumpang. Penempatan layar yang lebih tinggi membuat visibilitas lebih baik dan interaksi lebih mudah.

Meskipun baterai ditempatkan di bawah lantai, ruang kabin untuk penumpang di kedua baris tetap luas dan nyaman. Bagasi juga tidak mengalami kompromi ruang yang signifikan.

Fitur unik lain yang ditawarkan Audi adalah lampu belakang yang dapat menyesuaikan kecerahan ketika ada mobil lain yang mendekat terlalu dekat, sebagai fitur anti-tailgating.

Performa dan Harga

BACA JUGA:Kenapa Kecepatan Berbeda Antara Satu Mobil dengan Mobil Lainnya?

Audi A6 E-Tron tersedia dalam beberapa varian, termasuk model penggerak roda belakang dengan satu motor yang menghasilkan 362 tenaga kuda dan akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,4 detik.

Bagi mereka yang menginginkan performa lebih, ada model dual-motor S6 E-Tron dengan penggerak Quattro, menghasilkan 496 tenaga kuda dan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 3,9 detik.

Meskipun model S6 menawarkan performa lebih tinggi, jangkauan baterai sedikit berkurang menjadi 416 mil untuk Sportback dan 397 mil untuk Avant.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: motor1.com