Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Selatan Pastikan Stok Sembako Aman Selama Musim Kemarau

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Selatan Pastikan Stok Sembako Aman Selama Musim Kemarau

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Selatan Ruzuan Efendi pastikan stok sembako aman selama musim kemarau, Selasa (30/7/2024).-Ridho Ilahi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menghadapi musim kemarau panjang yang akan datang, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan melakukan beberapa upaya untuk mencegah terjadinya kekurangan stok sembako.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel Ruzuan Efendi mengatakan, untuk bahan pokok selama musim kemarau yang terjadi akan tercukupi dengan adanya produksi sendiri berupa beras, telur, ayam, dan semuanya sudah dipersiapkan dengan baik.

"Untuk bahan pokok kita sendiri atau ketersediaan kita, insya’ Allah akan cukup. Dalam arti begini, ada produksi kita sendiri terutama beras tidak akan ada kekurangan. Kita juga ada telur, ayam dan insya’ Allah semuanya akan tercukupi," kata Ruzuan Efendi pada hari Selasa, 30 Juli 2024.

Untuk mengantisipasi keterbatasan bahan pangan selama musim kemarau, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel melakukan upaya berupa mendatangkan bahan pokok dari luar, kerja sama antardaerah, sehingga akan ada harga bahan pokok yang tetap stabil.

BACA JUGA: Puluhan Anggota KUD Gading Raja Geruduk Polda Sumsel, Minta Kejelasan Dugaan Penggelapan Dana Koperasi

"Kami akan mengantisipasi dengan mendatangkan bahan pokok dari luar serta kerja sama antardaerah, sehingga ada bahan pokok dengan harga yang stabil,” ungkap Ruzuan Efendi.

Jika ada kenaikan harga di tempat produksi, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel akan melakukan distribusi pangan berupa subsidi transportasi.

“Kita juga akan memanfaatkan fasilitas distribusi pangan berupa subsidi transportasi. Misalnya bawang di sini harganya mahal, kita akan mengambil bawang dari daerah sentral produksi kita kasih ongkos angkutnya kita subsidi," tambah Ruzuan Efendi.

Ruzuan Efendi mengimbau agar masyarakat tetap bijak dalam penggunaan bahan pangan. Masyarakat bisa menanam kebutuhan pangan sendiri sehingga tidak terjadi kekurangan bahan pangan serta kenaikan harga.

BACA JUGA:Kejari Muara Enim Luncurkan Inovasi JAGA TANGAN, Jaksa Jaga Ketahanan Pangan dalam Giat Jaksa Garda Desa

"Kalau memang nanti ada kekurangan, pertama kita harus berusaha sendiri untuk menanam sehingga tidak merasa ketergantungan terhadap naiknya harga cabai dan lain-lain. Serta masyarakat harus bisa bijak dalam menggunakan bahan pokok dan lebih berhemat,” ucap Ruzuan Efendi.

Pemerintah, lanjut Ruzuan Efendi, akan mengadakan subsidi pangan, pangan murah, dan operasi pasar guna untuk mencegah terjadinya kekurangan bahan pangan.

“Pemerintah akan melakukan pencegahan terhadap kekurangan bahan pangan berupa subsidi pangan, pangan murah dan operasi pasar," tutup Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel Ruzuan Efendi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv