Kanker Bisa Dicegah: Yuk, Olahraga dan Makan Sehat!

Kanker Bisa Dicegah: Yuk, Olahraga dan Makan Sehat!

Kesadaran hari kanker sedunia dengan pasien -gratispik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kanker adalah salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Meskipun beberapa faktor penyebab Kanker tidak bisa dihindari, seperti genetika, banyak langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko terkena Kanker.

Dua cara yang efektif adalah dengan mengadopsi pola makan sehat dan rutin berolahraga. Artikel ini akan membahas tips memilih makanan dan jenis olahraga yang tepat untuk membantu mencegah kanker.

Pola Makan Sehat untuk Mencegah Kanker

Pola makan sehat adalah salah satu kunci utama dalam mencegah kanker. Memilih makanan yang tepat dapat membantu tubuh melawan sel-sel kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi buah dan sayuran kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas penyebab kanker. Usahakan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran dengan warna yang berbeda setiap hari.

BACA JUGA:Berbagi di Hari Jumat, PALTV Kunjungi Dua Panti Asuhan

Pilihlah sumber protein yang rendah lemak, seperti ikan, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, dan tahu. Hindari daging merah dan daging olahan yang dapat meningkatkan risiko kanker. Makanan olahan sering mengandung bahan pengawet, pewarna, dan bahan kimia lainnya yang dapat meningkatkan risiko kanker. Pilihlah makanan segar dan hindari makanan yang terlalu banyak diproses.

Biji-bijian utuh seperti beras merah, gandum utuh, dan quinoa mengandung serat dan nutrisi penting yang dapat membantu menurunkan risiko kanker, terutama kanker usus besar. Kurangi konsumsi gula dan garam, karena gula dan garam berlebih dalam makanan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk kanker. Usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan garam tinggi.

Mengonsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan juga penting. Lemak sehat ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh yang sering kali terkait dengan risiko kanker. Hindari lemak trans dan lemak jenuh yang dapat ditemukan dalam makanan cepat saji dan makanan ringan olahan.

Tambahkan rempah-rempah dan bumbu alami ke dalam masakan Anda, seperti kunyit, jahe, dan bawang putih. Bahan-bahan ini dikenal memiliki sifat anti-kanker dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum teh hijau juga disarankan karena mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu melawan sel kanker.


Asisten kesehatan merawat pasien wanita - gratispik-freepik

Jenis Olahraga yang Tepat untuk Mencegah Kanker

Selain pola makan sehat, olahraga juga memainkan peran penting dalam mencegah kanker. Aktivitas fisik dapat membantu menjaga berat badan ideal, yang sangat penting karena obesitas telah dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai jenis kanker. Olahraga juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Olahraga aerobik, seperti berjalan cepat, berlari, bersepeda, dan berenang, dapat membantu membakar kalori dan lemak tubuh. Olahraga ini juga efektif dalam menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Latihan kekuatan, seperti angkat beban atau latihan dengan resistensi, membantu meningkatkan massa otot dan metabolisme tubuh, yang juga bermanfaat dalam pengendalian berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber