Hati – Hati Ada Beberapa Penyakit Menular! Nomor 6 Sedang Meningkat.

Hati – Hati Ada Beberapa Penyakit Menular! Nomor 6 Sedang Meningkat.

Hati – Hati Ada Beberapa Penyakit Menular! Nomor 6 Sedang Meningkat.--free pik.com

4. COVID-19

COVID-19 disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 dengan gejala yang mirip dengan flu biasa, seperti demam, batuk kering, pilek, dan sesak napas. Penyakit ini sangat mudah menular melalui tetesan liur yang dapat terhirup oleh orang di sekitar penderita.

Kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, terutama dalam ruangan dengan ventilasi buruk, meningkatkan risiko penularan COVID-19 secara signifikan.

5. Hepatitis A

Hepatitis A merupakan sebuah penyakit hati yang asalnya disebabkan oleh virus hepatitis A. Penyakit ini menular melalui konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi tinja orang yang terinfeksi. Sanitasi yang buruk mempermudah penyebaran penyakit ini.

BACA JUGA:Serba Serbi Kue Bingen Palembang, Jajanan yang Masih Jadi Incaran Masyarakat

6. Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit menular umum di negara tropis seperti Indonesia, disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Gejala termasuk demam tinggi, nyeri otot, dan bintik merah pada kulit.

Pencegahan bisa dilakukan dengan 3M plus: menguras tempat penampungan air, menutup wadah air, mengubur barang bekas, menggunakan losion antinyamuk, dan kelambu saat tidur.

7. Cacar Air

Cacar air adalah penyakit menular yang umum pada anak-anak, disebabkan oleh infeksi virus Varicella zoster. Gejala utamanya adalah bintik-bintik merah yang gatal dan bisa menggelembung. Penyakit ini menular melalui kontak langsung dengan cairan dari bintik yang pecah atau melalui udara ketika penderita batuk atau bersin.

BACA JUGA:Peluang Emas, Harga Mobil Listrik Bekas di Indonesia Terjun Bebas

8. Tifus

Tifus disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii, yang menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri tersebut. Menggunakan air yang terkontaminasi bakteri untuk mencuci bahan makanan atau peralatan masak juga bisa menyebabkan penularan tifus.

Jika kamu mengalami gejala salah satu penyakit di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Jangan menunggu penyakit dalam tubuhmu semakin berkembang agar tidak menjadi bahaya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc.com