5.600 NaCl Disemai, Berhasil Turunkan Hujan di 4 Wilayah Rawan Karhutlah di Sumsel

 5.600 NaCl Disemai, Berhasil Turunkan Hujan di 4 Wilayah Rawan Karhutlah di Sumsel

5.600 NaCl Disemai, Berhasil Turunkan Hujan di 4 Wilayah Rawan Karhutlah-Foto/Ekky Saputra-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Pelaksanaan operasi modifikasi cuaca (OMC) yang berlangsung dari tanggal 4 hingga tanggal 13 Juli 2024, dengan bahan Semai sebanyai 8.000 NaCl.

Selama 5 hari Pelaksana OMC di Sumatera Selatan, sudah dilakukan penyemaian sebanyak 5.600 kilogram natrium klorida (NaCl) dengan jumlah 7 sorti dengan menggunakan Pesawat Casa 212-200 (A-2104)

Kegiatan OMC dilakukan sebagi upaya  pembasahan lahan Gambut pada musik kemarau sehingga meminimalisir terjadinya kebakaran hutan di Sematera Selatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel) M Iqbal Alisyahbana mengatakan kegiatan OMC difokuskan pada 4 daerah yang rawan terjadi Karhutlah, seperti kabuoaten Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, dan Musi Banyuasin.

BACA JUGA:Carut Marut PPDB di Sumsel, Massa Datangi Kejati Sumsel Membawa Keranda Mayat

"Pelaksanaan sorti sendiri masing-masing 1 hari satu kali, yang mana ini juga berdasarkan cuaca yang ada di wilayah Sumsel Khususnya di musi Banyuasin, Banyuasin, OKi dan OI" kata M. Iqbal Alisyahbana Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan.


5.600 NaCl Disemai, Berhasil Turunkan Hujan di 4 Wilayah Rawan Karhutlah di Sumsel-Foto/Ekky Saputra-PALTV

Menurut Iqbal, wilayah yang menjadi titik fokus pelaksanaan OMC merupakan wilayah yang memiliki lahan gambut yang cukup luas, sehingga rawan terbakar pada saat musim kemarau.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel) M Iqbal Alisyahbana-Foto/Ekky Saputra-PALTV

"Alhamdulillah kasihlnya seperti yang kita lihat hujan sudah turun di wilayah-wilayah Sumsel, Khusunya di 4 daerah rawan tadi, dan palembang seperti yang kita ketahui semalam pun ikut diguyur hujan" tambah M. Iqbal Alisyahbana Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: